Selamatkan Generasi, Puskesmas Karang Baru Gelar Pemberian Vaksin Polio Tahap ll

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Dalam rangka upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh serta menekan angka penyebaran virus penyakit polio terhadap anak, Puskesmas Karang Baru melaksanakan pemberian Vaksin  imunisasi Sub Pekan Imunisasi Polio (PIN)  tahap II bertempat di SDN 1 Karang Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Senin, (30/1/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, dr. Mustakim, M.Kes melalui Kepala Puskesmas Karang Baru, Apal Azmi S.KM dikonfirmasi wartawan mengatakan, kegiatan imunisasi polio ini akan terus  dilaksanakan selama empat hari di 18 Desa dalam Kecamatan Karang Baru, terhitung mulai 30 Januari 2023 - 2 Februari 2023 mendatang.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kemenkes RI nomor :SR.02.06/C/5537/2022 tanggal 21 Nov 2022 tentang kewaspadaan dini terhadap kejadian luar biasa Polio dari kasus virus Polio Vaksin tipe 2 (VOPV2) di kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

Apal Azmi mengatakan bahwa, pemberian imunisasi polio ini diberikan kepada anak usia 0-13 tahun dan dilaksanakan di sekolah - sekolah yang ada di 18 Desa wilayah kerja Puskesmas Karang Baru.

Pemberian imunisasi ini upaya kita untuk melindungi anak-anak dari potensi lumpuh karena polio. Oleh karena itu Jangan takut, obat yang diberikan itu dengan cara diteteskan ke mulut dan tidak ada efek sampingnya bahkan rasa obatnya pun manis," sebutnya.

Alhamdulillah, sampai saat ini di kabupaten Aceh Tamiang masih dalam kondisi aman dari penyakit virus polio.

Ia juga berharap kepada masyarakat dan para orangtua wali murid agar dapat memberikan ijin anak - anaknya untuk diberikan imunisasi polio guna untuk mencegah terjadinya penyakit polio terhadap anak seperti penyakit lumpuh tiba-tiba, kata Apal Azmi. 
Selanjutnya, pemberian imunisasi vaksin polio secara simbolis oleh Wakapolres Aceh Tamiang, Camat Karang Baru dan Kepala Puskesmas Karang Baru kepada beberapa siswa-siswi SDN 1 Karang Bundar.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Aceh Tamiang Kompol Ahmad Arif Sanajaya SH, Kepala Bidang Pendidikan Aceh Tamiang, Khairul Hasni S.Pd, Kepala Bidang Kesehatan Aceh Tamiang, Ika Rutmailani S.KM, Camat Karang Baru a.n Syamsuar Fakhrurazi S.STP, Danramil 02/Karang Baru diwakili oleh Batuud Pelda Muliyadi.

Kemudian, Wakapolsek Karang baru Ipda Robinhot, Dokter Penanggung jawab kegiatan,  dr Maryan Suhadi M.Kn, Kepala Sekolah SDN 1 Karang Bundar serta para siswa-siswi SDN 1 Karang Bundar.( Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini