Sekda Kabupaten Deli Serdang, Melakukan Koordinasi Program Desa Wisata di Kemendes PDTT

harianfikiransumut.com | Jakarta-
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP melakukan koordinasi dan konsultasi sinergitas Program Desa Wisata dan Desa Digital di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Pada kunjungan tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan Desa Wisata dan Desa Digital di Kabupaten Deli Serdang itu, Sekda diterima Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT, Sugito SSos MH.

"Kabupaten Deli Serdang sangat berpotensi untuk menjadi laboratorium pilot project sebagai desa percontohan tingkat nasional dalam tata kelola, pemberdayaan, peningkatan potensi desa wisata dan desa cerdas (desa digital)," ucap Dirjen, Sugito SSos MH.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT, Teguh Hadi Sulistono SIP MSi menjelaskan Data Indeks Membangun Desa dapat digunakan untuk memetakan program desa dan rekomendasi tindaklanjut, sehingga sinergitas desa dengan program kerja perangkat daerah berjalan maksimal.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Helmiati SH MSi didampingi Subkoordinator Pengembangan Tekhnologi Digital, Ruslan SE, menambahkan hal itu juga sejalan dengan Smart Village (Desa Cerdas) yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

"Didorong dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu sektor prioritas dalam penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa," ujar Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Helmiati SH MSi.

Turut mendampingi Sekda dalam kunjungan itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman MAP, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Dinas PMD, serta Kabid Bappedalitbang, Andreza.(Rom)
Komentar

Berita Terkini