PT NBL,-Dan -KTC Mematuhi hukum adat desa Pendreh melakukan kegiatan ritual nyanggar

harnfikiransumut.com | Muara Teweh Kalimantan Tengah - Rabu 18 Januari 2023 di laksanakannya ritual adat nyanggar  di wilayah tambang PT NBL (KTC) memberi kan makan penghuni hutan di wilayah areal tambang nya. 

Kayu,gunung,sopan, sungai dan serta roh roh penghuni hutan yang tidak kita liat dengan kasat mata dan minta keselamatan dan kesuksesan dalam usaha di wilayah itu.itu lah adat budaya setempat di wilayah  IUP, PT NBL,yang di kerjakan oleh PT KTC di wilayah hukum adat desa pendreh, teweh tengah kabupaten barito. barito utara provinsi kalimantan tengah yang di laksanakan oleh  masyarakat adat  dan pisur basir ritual di wilayah desa pendreh. 
ada pun dalam
penyampaian pelaksana ritual, dana yang digunakan dari pihak PT NBL.kata pa sugian selaku ketua penetia pelaksana Ritual nyanggar. 

Kepala desa pendreh Irawan  sangat salut terhadap pimpinan menejemen PT NBL yang sangat menghargai ukum adat istiadat di wilayah ijin usaha pertambangan mereka yang ada di desa pendreh,yang selalu siap bersatu padu dalam melaksanakan ritual adat setempat dan menjujung tinggi adat istiadat  di wilayah ijin usaha pertambangan yang mereka lakukan.dalam kesempatan itu Irawan  juga berharap  terhadap beberapa perusaan yang lain,yang berusaha di wilayah hukum adat desa pendreh  agar bisa menghargai  adat budaya  leluhur, di wilayah ijin  usaha mereka yang ada di wilayah desa pendreh.
Kepala desa Irawan  berharap agar kedepan nya perusaan yang lain bisa menghormati adat leluhur kami setempat ucap nya. 

Ada pun dari pihak PT NBL yang di wakili oleh KTT pa Ari menyampai kan,ucapan terima kasih ke pada lapisan  masyarakat,ketua penetia sugian Dan  kepala desa irawan,Tampa bantuan dari warga masyarakat desa pendreh maka ke inginan dan kemauan kami tidak mungkin terlaksana sesuai adat istiadat yang berlaku di desa pendreh ujar nya. 

salah satu perwakilan ktc juga mengakui bahwah di mana bumi di pijak maka di situ lah langit di junjung kata nya.dan tidak lupa juga beliau mengucap kan terima kasih atas terlaksana nya ritual adat.

Salah satu perwakilan dari pisur Basir(sip ritul)menyapai kan isi kegiatan ritual dan menyampai kan pantangan setelah di laku kan nya (ritual)maka perusaan dan warga setempat tidak boleh melakukan aktivitas selama 3 hari tiga malam di wilayah (ritual) tersebut.dan perwakilan pisur Basir(sipritul) yang bernama pa (Wiliam tojok).sangat berharap pantangan paling yg sudah ditentukan oleh (pisur basir)ucapnya jangan sekali kali di langgar ( palimara) ujar nya. (YURIN)
Komentar

Berita Terkini