Desa Parit Kebumen Bangun MCK Melalui Program Bermasa

harianfikiransumut.com | Bengkalis - Pemerintah Desa Parit Kebumen bangun MCK Umum di Dusun Tiga Sukadamai guna mendukung terhadap open deforestation free (ODF), Stop Buang Air Besar Sembarangan. Atau pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat dapat memberikan pengaruh terhadap penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Untuk itu pemerintah desa parit kebumen kecamatan Rupat memandang perlu untuk  dilakukan pembangunan MCK.  

Selain meningkatkan lingkungan sehat, juga memberikan solusi kepada para pengendara yang berkunjung ke desa dan desa desa tetangga ketika melintas wilayah dusun tersebut, ujar Sabaruddin S.Ag selaku Kepala Desa Parit Kebumen melalui Kasi Pemerintahan Sudiran, Minggu, (01/2023)

Dijelaskannya pembangunan MCK tersebut dibangun melalui program BKK Bermasa tahun anggaran 2022 berukuran 3X2 m dengan pagu anggaran 25,900,000.

Sudiran mengatakan bahwa pembangunan MCK umum di dusun tiga suka damai untuk memberikan edukasi kepada masyarakat
 terhadap ODF.
 
”Pembangunan MCK telah mencapai progres  selesai 100 persen dikerjakan menggunakan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Bermasa program Bupati Bengkalis tahun 2022, tuturnya.

Disamping itu, Sudiran mengatakan, program BKK bermasa Bupati Bengkalis merupakan wahana yang tepat untuk penyelenggara pembangunan desa.  

Untuk itu MCK umum menjadi salah satu indikator, yang dapat menjadi penilaian desa sehat yaitu ODF.

”Open Deforestation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Indikator ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baik dengan menerapkan hidup bersih dan sehat. Tukas Sudiran mengakhiri. (Alan)
Komentar

Berita Terkini