Antisipasi Penyebaran Virus Polio Terhadap Anak, Puskesmas Seleleh Gelar Imunisasi Vaksin Polio

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Dalam rangka upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh serta menekan angka penyebaran virus penyakit polio terhadap anak, Puskesmas Seleleh melaksanakan pemberian Vaksin imunisasi Sub Pekan Imunisasi Polio (PIN) tahap II  bertempat di SDN Alur Baung Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Senin, (30/1/2023).

Kegiatan imunisasi tahap II hari ini dibuka langsung oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, dr. Catur Haryati Mars dan dilanjutkan pemberian imunisasi polio kepada para siswa-siswi SD Negeri Alur Baung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, dr. Mustakim, M.Kes melalui Kepala Puskesmas Seleleh, Drg. Didi Junaidi Mkes dikonfirmasi Media mengatakan, kegiatan imunisasi polio ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kemenkes RI nomor :SR.02.06/C/5537/2022 tanggal 21 Nov 2022 tentang kewaspadaan dini terhadap kejadian luar biasa Polio dari kasus virus Polio Vaksin tipe 2 (VOPV2) di kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

Kegiatan imunisasi tahap hari ini dilaksanakan di tiga Desa Alur Baung, Afdiling Seleleh dan Desa Alur Selalas, sementara untuk Pencanangannya di Desa Alur Baung, sebutnya.

Kemudian untuk pelaksanaannya selama empat hari di  wilayah kerja Puskesmas Seleleh Kecamatan Karang Baru, terhitung mulai 30 Januari 2023 - 2 Februari 2023 mendatang.

Sementara itu, tambah Didi Junaidi, bahwa, sasaran pemberian imunisasi polio ini diberikan kepada anak usia 0-13 tahun dalam  upaya kita untuk melindungi anak-anak dari potensi lumpuh karena polio. 
Oleh karena itu Jangan takut, obat yang diberikan itu dengan cara diteteskan ke mulut dan tidak ada efek sampingnya bahkan rasa obatnya pun manis,".

Kita juga meminta dukungan dan partisipasi orangtua agar bersedia membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi, baik ke puskesmas maupun ke posyandu yang terdekat," imbuh Didi Junaidi sembari mengatakan agar capaian imunisasi putaran kedua ini mencapai 95 % seperti capaian imunisasi pada putaran pertama, harapnya. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, dr. Catur Haryati Mars, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Irianto SE, Sekretaris Kecamatan Karang Baru, Mukhlis M.Pd, Datok Penghulu Kampung Alur Baung, Abdul Aziz, Perangkat Desa, Kepala Sekolah SD Negeri Alur Baung, Sukirno S.Pd, Komite, Babinsa Koramil 02/Kbr, dan petugas Kesehatan serta Kader Kesehatan Desa Alur Baung.(Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini