Sekda Deli Serdang Mengikuti Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

harianfikiransumut.com | Deli Serdang-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP mengikuti Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Kodam I/Bukit Barisan di Taman Pramuka Deli Serdang, Jumat (2/12/2022).

Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Rifky Nawawi SE SIP yang menjadi pembina upacara, meminta agar Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Kodam I/Bukit Barisan juga dijadikan sebagai sarana pemahaman, dan silaturahmi serta kebersamaan untuk meningkatkan wawasan generasi muda dalam bela negara.

"Perkemahan Saka Wira membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan semangat bela negara. Pentingnya membentuk karakter bangsa, khususnya generasi muda, yang saatnya nanti berperan akan memegang tongkat estafet kepemimpinan di segala profesi di berbagai bidang," tegas Kasdam di kegiatan yang diikuti 150 peserta dan 41 pembina Pramuka tersebut.

Kasdam meminta kepada para Komandan Distrik Militer (Dandim) agar terus bekerjasama dengan Kwartir Pramuka di wilayah masing-masing dalam pembinaan Pramuka demi peningkatan kualitas generasi muda.

"Mendorong dan memberi contoh generasi muda untuk terus berprestasi," pungkas Kasdam.

Kepada para peserta perkemahan, Kasdam juga berpesan untuk mempererat persaudaraan, berkaraktar Pancasila dan berwawasan nusantara. 

"Kemampuan berorganisasi membantu untuk mudah bergaul dengan orang lain, lebij mudah mengekspresikan diri untuk menunjukkan kemampuan terbaik," pesan Kasdam.

Selain itu, para peserta perkemahan juga harus menjadi contoh dan teladan nagi generasi muda lainnya, dengan dilandasi wawasan kebangsaan dan bela negara.

"Tidak ada negara di dunia yang maju jika tidak disiplin. Di luar negeri, generai mudanya sangat disiplin. Di Thailand, generasi mudanya ikut Pramuka," jelas Kasdam.

Hadir pula pada upacara pembukaan perkemahan tersebut, sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam I/BB; Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Ferry Muzawwad SIP; Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf M Eko Prasetyo; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto; para Danramil wilayah Dim 0204/DS.

Turut mendampingi Sekda, Kepala Bagian (Kabag) Umum, Wagino Sajali SPd MAP; Kabag Kesra, Drs Syahrul MPd; Camat Lubuk Pakam, Drs Syahdin Setia Budi Pane; sejumlah perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD); dan lainnya.(Rom)
Komentar

Berita Terkini