Nora Idah Nita SE Gelar Bimtek Bagi Pelaku UMKM Di Aceh Tamiang

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Gguna meningkatkan daya saing dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang, anggota DPRA dari Fraksi Demokrat Nora Idah Nita bersama Dinas Koperasi dan UMKM Aceh menggelar Bimbingan Teknik kepada 50 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aceh Tamiang.

Anggota DPRA dari Fraksi Demokrat Nora Idah Nita. SE dikonfirmasi harianfikiransumut.com, Senin, (26/12/2022) melalui telfon selulernya mengatakan bahwa, pihaknya bersama Dinas Koperasi dan UMKM Aceh telah melaksanakan Bimtek Wirausaha Pemula  bagi para pelaku UMKM di Aceh Tamiang di Aula O'Tamiang Cafe,  pada Minggu (11/12/2022) lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut, terhitung sejak 10 – 12 Desember 2022 dengan sumber anggaran melalui Dana Pokir Aspirasi anggota DPRA dari Fraksi Demokrat Nora Idah Nita.

Dijelaskannya, bahwa para peserta terdiri dari para pelaku UMKM Tengkulok Khas Tamiang, UMKM Tenun, Tumbak Lada, UMKM Bordir, UMKM Eceng Gondog serta para pelaku UMKM Makanan khas Aceh Tamiang, kata Nora.

UMKM merupakan sokoguru perekonomian masyarakat, melalui bimbingan teknis bagi wirausaha pemula ini, diharapkan mampu  melahirkan pelaku UMKM yang mampu mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan multimedia dalam merebut pasar.

Menurut Nora, Bimtek ini perlu diselenggarakan bagi para pelaku UMKM agar mereka mampu mengembangkan usahanya setelah mendapatkan paparan materi dari para narasumber baik dari Provinsi Aceh maupun dari Kabupaten Aceh Tamiang.

Para pelaku UMKM perlu dibantu dan dibina melalui manajemen pelatihan, selanjutnya dipromosikan supaya para pelaku UMKM bisa  lebih terkenal sehingga mudah dalam pemasarannya.

Alhamdulilah, kata Nora, untuk hasil produksi Tengkulok Tamiang, sudah pernah dipakai oleh anggota DPR-RI dan juga Ketua DPD Demokrat Aceh Bapak Muslim serta Sekretaris DPD Demokrat Aceh.

Sedangkan untuk pengrajin Tumbak Lada, yakni, Dimas Prayuga juga sudah pernah dipromosikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden RI ke 6,”tutur  Nora.

Diharapkan, para peserta Bimtek, kiranya mendapat motivator dari pengusaha sukses sesuai bidangnya masing - masing , 7cap Nora mencontohkan, seperti Muhammad Nur selaku Owner Swalayan Saqinah, Iqbal selaku Owner Bryan Bakery serta Fateh Owner Raden's Barber Shop yang berada di Kecamatan Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang.

”Para Owner ini juga tampil dalam memberikan motivasi dan pengalamannya kepada para peserta Bimtek untuk menambakan trik - trik menuju kesuksesan,”tutur Nora.

Beliau menambahkan, Kehadiran wirausaha pemula ini diharapkan mampu membuka peluang kerja bagi warga lainnya. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harap Nora yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Aceh Tamiang.
“Sektor UMKM menjadi fokus pengembangan guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat secara luas. UMKM mampu bertahan dari gejolak ekonomi,” jelas Nora.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan ini, ia  mengharapkan wirausaha pemula akan mampu tumbuh dan berkembang membangun usahanya dan akan mampu membuka peluang kerja.

“Jika dari 50 Wirausaha Pemula ini tumbuh dan mampu membuka lapangan pekerjaan, paling tidak, dari 50 peserta pemula ini bisa merekrut puluhan tenaga kerja dengan asumsi masing-masing mempekerjakan seorang pekerja. Tentunya hal ini dapat mendukung upaya pemerintah menekan angka pengangguran,” ungkap Nora Idah Nita, SE  mengakhiri.

Terpisah, Erika salah satu peserta Bimtek Wirausaha Pemula dari UMKM Eceng Gondok sangat mengapresiasi kepedulian anggota DPRA dari Fraksi Demokrat Nora Idah Nita yang telah mengalokasikan anggaran pokok - pokok pikirannya untuk pelatihan UMKM.

Ia juga mengatakan bahwa, Bimtek ini berbeda, tidak hanya sekedar pelatihan satu arah tetapi kita bisa saling mengkritisi, sharing dan berbagi pengalaman dalam pengembangan UMKM, pungkasnya.( Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini