Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar, Guyup Rukun Binaan Pemdes Sukadamai Panen Perdana

harianfikiransumut.com | Bengkalis - Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar, Guyup Rukun Binaan Desa Sukadamai, Panen Perdana Ikan lele sebanyak 130 Kg, Jumaat, (16/12/2022).
.
Hasil panen perdana budidaya ikan air tawar itu merupakan keberhasilan, kerjasama antara pemerintah desa dengan kelompok binaan Desa Sukadami Kecamatan Rupat Utara.

Kepala Desa Sukadamai, Abdul Haris. S,Pd
mengapresiasi kreatifitas masyarakatnya yang  gigih dan ulet dalam mengelola budidaya ikan air tawar, ucapnya,  

Tentunya, Budidaya ikan air tawar ini dapat mendorong program nasional pemerintah pusat tentang ketahanan pangan dan hewan. yang diterapkan kepada masyarakat Sukadamai semasa dunia diterpa wabah Covid-19.
Ia mengatakan, selama ini terdapat seumlah kendala dan hambatan bagi komunitas budidaya ikan air tawar binaan desa suka damai tersebut dalam pemasaran dan pendistribusiannya. 

Kades menilai budidaya ikan air tawar jenis ikan lele sangat layak untuk dikembangkan,  karena dapat memberikan dampak positif kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat Sukadamai.

Sepertinya hal nya budidaya ikan air tawar yang dikelola oleh Kelompok Budidaya Guyup Rukun binaan Desa Sukadamai ini yang menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa tahun 2022
Saat ini hanya satu kolam saja yang berhasil di panen sebanyak 130 kg, sementara untuk dua kolam lagi belum dapat dipanen, dikarenakan  faktor alam yang tidak mendukung, sebut Haris.

Ia menjelaskan, selain kelompok Budidaya ikan air tawar, Desa Sukadamai juga memiliki Kelompok-kelompok lainnya seperti Kelompok Palawija, Kelompok ternak kambing, Kelompok ternak babi dan kelompok ternak ayam daging.
Oleh karena, salah satu penyebab dan kendala  terjadinya gagal panen, dikarenakan musim penghujan tiba, sehingga seluruh akses jalan penghubungan antara desa dan Kecamatan rusak berat dan menjadi faktor utama terkendalanya pendistribusian atau pemasarannya pungkas Haris. (Alan)
Komentar

Berita Terkini