HUT ke-72 Polairud, Kapolres Meranti Salurkan Bansos dan Dengarkan Curhat Nelayan Kecil

harianfikiransumut.com | Meranti - Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Polairud, Kapolres Kepulauan Meranti, Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Kamis (1/12/2022) pagi, menyalurkan bantuan sosial (bansos) sekaligus mengajak sarapan bersama dan mendengarkan curhatan nelayan kecil.

Kegiatan yang berlangsung di dermaga Penghulu Manap Desa Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Barat tersebut ikut dihadiri Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan SH MH, Kasat Intelkam AKP Josrizal SH, Kasat Lantas AKP Boy Setiawan SAP MSi, Kasat Polairud AKP Yosi Marlius SSos, dan puluhan masyarakat nelayan Sialang Pasung.

Pertemuan Kapolres dan rombongan dengan para nelayan kecil pulau terluar itu diawali sarapan pagi bersama.

Dalam sambutannya, AKBP Andi Yul menyampaikan bahwa pihaknya sengaja datang untuk bersilahturahmi dan mendengarkan apa keluhan masyarakat nelayan pulau terluar di Sialang Pasung tersebut.

"Ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus syukuran kami dalam rangka memperingati hari ulang tahun Polairud yang ke-72. Untuk itu, kami juga memberikan bantuan sosial buat para nelayan di wilayah ini," ungkapnya.

Disamping itu, sambung Kapolres, ia bersama para pejabat utama Polres Kepulauan Meranti juga ingin mendengarkan secara langsung curhatan dari masyarakat nelayan.

"Pertemuan ini juga bertujuan untuk merajut kedekatan kita (Polri) dengan masyarakat, seperti halnya nelayan kecil. Sehingga masyarakat betul-betul merasakan kehadiran polisi dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kepulauan Meranti," tutur Andi Yul.

Di hadapan para nelayan, ia bahkan tidak lupa menyampaikan kasus di Meranti yang paling memprihatinkan, yakni masih banyaknya oknum yang terjebak tindak pidana narkoba.

Dalam hal ini, sebutnya, diperlukan peran dan kerjasama dari masyarakat nelayan untuk memantau serta mengawasi kegiatan tindak kriminal. Hal itu mengingat terbatasnya anggota Polres Kepulauan Meranti, sehingga tidak dapat memantau seluruhnya.
"Perlu diketahui bahwa tahanan dari Polres saat ini yang paling banyak adalah perkara narkoba. Untuk itu, saya berharap nelayan bisa bersinergi dan bekerjasama dengan polisi dalam menjaga harkamtibmas. Tolong sampaikan kepada kami jika menemukan adanya informasi kriminal, terutama narkoba yang dibawa oleh oknum dengan menggunakan kapal di wilayah perairan Meranti ini," harapnya.

Terkait dengan permasalahan sampah yang di laut, Kapolres AKBP Andi Yul menghimbau seluruh masyarakat yang tinggal di pinggir pantai agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Mari kita jaga kebersihan laut dan pantai agar ekosistem dan biota laut tetap terjaga serta lestari. Sehingga, kita. semua dan anak cucu kita bisa menikmati kekayaan laut di daerah ini," himbaunya.

Sementara itu, Abdul Hamid, salah seorang perwakilan nelayan mengaku bangga dan senang di kunjungi oleh Kapolres dan jajarannya.

"Kami tentunya merasa senang karena dikunjungi dan diayomi. Hal seperti ini sangat langka. Bahkan, pak Kapolres langsung mendengarkan keluh kesah dari kami para nelayan kecil ini. Terima kasih kami buat pak Kapolres dan jajaran yang telah sudi menjenguk kami masyarakat kecil ini," tutur Hamid.

Untuk diketahui, pertemuan Kapolres bersama para nelayan itu diisi dengan dialog dan tanya jawab.

Kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat nelayan Desa Sialang Pasung berupa 30 buah life jacket serta 30 paket sembako beras dan mie instan. (Deki)
Komentar

Berita Terkini