Workshop Pramuka Garuda Kwarcab Labuhanbatu Wujudkan Anggota Pramuka Berkualitas

harianfikiransumut.com | Labuhanbatu- 
Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu  selenggarakan kegiatan Workshop Pencapaian Pramuka Penegak dan Pandega Garuda pada Rabu (23/11/2022) di Aula Asrama Haji Rantau Prapat, SM.Raja kecamatan Rantau Selatan , yang diikuti oleh 360 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Labuhanbatu.

Kegiatan dibuka oleh Kamabicab Gerakan Pramuka Cabang Labuhanbatu,dr.H.Erik Adtrada Ritonga .MKM.dalam hal ini diwakili oleh Asisten l  Pemerintahan Drs.Sarimpunan Ritonga.M.Pd.

dalam sambutannya menyampaikan pada Workshop yang dilaksanakan hari ini, bukan merupakan pertemuan semata.

“Atas nama Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu atas terlaksananya kegiatan ini. Sehingga ke depan dengan berbagai tahapan waktu workshop pencapaian garuda pramuka ini akan masuk pada substansinya, tercapai pada tujuan utama,”tutupnya.

Dalam sambutannya, Kak Sentosa Pohan S.kom M.kom  menyampaikan tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan yaitu sebagai sarana proses pendidikan bagi anggota Pramuka.

“Workshop ini sebagai sarana proses pendidikan bagi peserta didik dan pelatihan bagi anggota dewasa yang teratur, berkesinambungan dan berjenjang untuk meningkatkan kinerja anggota gerakan pramuka” ujarnya.

“Selain itu juga sebagai sarana pembekalan dan pemberdayaan anggota gerakan pramuka dalam berbagai  kegiatan peserta didik, serta pelatihan bagi anggota dewasa” imbuhnya.

Lebih lanjut Kak Sentosa menegaskan 
“Kegiatan workshop kali ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan, agar dapat melaksanakan perannya di  lingkungan Gerakan Pramuka, serta meningkatkan jumlah anggota Pramuka Garuda  Penegak dan Pandega di Kabupaten Labuhanbatu ’’

“Gerakan Pramuka, senantiasa memberikan penghargaan berupa tanda kecakapan kepada setiap anggotanya yang berprestasi sebagai manifestasi dari metode kepramukaan” pungkasnya.

Salah satu penghargaan Gerakan Pramuka adalah Pramuka Garuda, sebagai bentuk kiasan dasar lambang kehormatan, kemandirian, kekuatan, yang diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi peserta didik.

Kak Sentosa berpesan “Pramuka Garuda adalah seseorang anggota muda Gerakan Pramuka telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada setiap jenjang pendidikan kepramukaan. baik siaga, penggalang, penegak, maupun pandega”.

“Pramuka Garuda bertujuan memberikan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa mengamalkan darma pramuka, meningkatkan kualitas dirinya terus menerus, dan menjadi teladan bagi sesama anggota gerakan pramuka dan masyarakat luas” ungkapnya

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu  memiliki harapan besar, agar kegiatan ini dapat menjadi motivasi adik-adik untuk mencapai pramuka garuda dan menjadi teladan bagi masyarakat” Kak Sentosa mengakiri sambutannya.

Pada Kegiatan tersebut dirangkai dengan Pengumpulan Donasi Bantuan Korban Kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu di Jalan KH. Dewantara.

Turut menghadiri, Perwakilan Kemenag Labuhanbatu, Kamabiran, Kakak-Kakak Pendamping dan Adik-adik Pramuka peserta workshop.[M,Syarif]
Komentar

Berita Terkini