Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Resmi Melantik Ketua Majelis Pembimbing Ranting Se- Labuhanbatu

harianfikiransumut.com | Labuhanbatu - Sentosa Pohan S.Kom  M.Kom secara resmi melantik Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) 

Gerakan Pramuka Periode 2022-2025, di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu.Jalan SM .Raja Ujung Bandar Rantau Selatan Senin  (28/11/2022).

Dalam sambutannya   Ketua Cabang (Kwarcad) Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Sentosa Pohan S.Kom M.Kom  menyampaikan, selamat atas dikukuhkannya para camat sebagai Ketua Mabiran serta para Kades dan lurah sebagai Ketua Mabisa.

Sentosa mengatakan, dengan pengukuhan ini Gerakan Pramuka di Kabupaten Labuhanbatu  diharapkan lebih maju dan berprestasi serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas-tunas bangsa yang bermartabat dan bertanggungjawab serta dapat dipercaya.

Ditegaskan Sentosa dalam pokok-pokok organisasi gerakan pramuka telah disebutkan betapa pentingnya peran dan fungsi majelis pembimbing ranting dan majelis pembimbing desa dalam tatanan pengambilan kebijakan demi berkembang gerakan Pramuka di wilayah binaannya.

“Fungsi majelis sebagai pembimbing mengandung makna memberikan tuntunan, pengarahan, saran dan nasehat dalam bermasyarakat, moral dan mental serta psikologis untuk meningkatkan kondisi dan kemampuan kwartir,” tegasnya.

Selain itu,ketua mabiran dan mabisa se-Kabupaten Labuhanbatu  ini diharapkan selalu merespon positif dan berpartisipasi terhadap seluruh program dan gerakan pramuka di wilayah Kabupaten Labuhan batu .

“Ketua mabiran dan mabisa harus mampu menggerakkan pendayagunaan potensi kwartir cabang yaitu sumber daya manusia, materi pendidikan, sistem pembinaan dan manajemen organisasi agar gerakan pramuka semakin mendapatkan perhatian dari generasi muda,” harapannya.

Atas pesannya kepada para ketua mabiran dan mabisa diharapkan memahami secara penuh fungsi dan tugas yang diamanatkan untuk menggelorakan program Gerakan Pramuka di Kabupaten Labuhan batu dalam rangka menjadi satu bagian untuk mewujudkan Bolo Labuhanbatu  yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.


“Untuk itulah saya meminta saudara-saudara memahami fungsi majelis pembimbing baik itu ketua majelis pembimbing ranting maupun majelis pembimbing desa. Mari kita perkuat kepramukaan Kabupaten Labuhanbatu  sebagai kekuatan yang besar dalam mewujudkan Bolo Labuhanbatu” pungkasnya. 

Pelantikan di Awali dengan Pembaca Surat Keputusan Ketua Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Labuhanbatu tentang pengukuhan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran).

Pada Kesempatan tersebut, Ka Mabiran yang di lantik merupakan Camat dari masing masing daerah se-Labuhanbatu  dengan masa bakti sebagai Ka Mabiran Tahun 2022– 2025.

Ka Mabiran dan jajaran di lantik oleh Ketua Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu dengan memikirkan Satya Pramuka dan Ikrar Kepengurusan 
Ka Mabiran secara bergantian menandatangi berita acara.

Tidak lupa Asisten 1 Pemerintahan dan kesra kabupaten labuhanbatu Drs.H Sarimpunan Ritonga mewakili Bupati Labuhanbatu H Erik Adtrada Ritonga M.K.M  menyampaikan apresiasinya atas Kepengurusan yang baru di lantik, semoga prestasi dan pengembangan Kepramukaan di Kabupaten Labuhan batu bisa dilanjutkan,moment ini merupakan kesempatan yang penting untuk menyamakan pemahaman untuk kemajuan untuk melakukan perubahan mencapai tujuan Gerakan Pramuka  khususnya berjiwa Pramuka Abad 21 atau Revolusi Industri dan era masyarakat dalam mempersiapkan dukungan ke pemimpinan bagi Gerakan Pramuka.

ia Juga berharap para camat selaku ketua Majelis Pembimbing Ranting ( Ka Mabiran )
memperhatikan dan melaksanakan tugas pokok yakni memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral organisasi .meterial finansial dan konsultasi kepada gugus depan dan satuan kwartir .

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut, 
Drs.H .Sarimpunan Ritonga M.P.d. Kadis Pendidikan Labuhanbatu Asrol Azis Lubis S.E. M.AP dan Kadis P2KB Hj Marani S.K.M.kabid KIPS Kominfo Indra Sutan Harahap, Kasi statistik Kominfo Ustad Sagala,dan tamu undangan lain.( M. Syarif).
Komentar

Berita Terkini