Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Gelar Sosialisasi Bersama Insan Pers

harianfikiransumut.com | Lauhanbatu - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu gelar Sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu Bersama insan Pers Se- kabupaten Labuhan batu 
di Hall Ballroom
Hotel permata Land Jalan Ahmad Yani Rantau Prapat Kelurahan Kartini  Kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu Jumat  (25/11/2022).

Digelarnya soialisasi peraturan dan non peraturan Bawaslu tersebut, dalam rangka menghadapi pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Parulian Silaban
mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman ke  sejumlah insan pers tentang aturan dan non peraturan Bawaslu pada pemilu 2024 mendatang.

"Dengan telah berjalannya tahapan pemilu 2024 saat ini, penting adanya keterlibatan dan sinergitas elemen masyarakat serta insan pers dalam mengawasi proses pemilu," ucapnya.

Menurutnya, dengan momentum pesta demokrasi ini dapat membangun komunikasi dan sinergitas yang baik dengan sesama elemen. Itu guna meminimalisir potensi pelanggaran yang dapat menciderai pesta demokrasi.

Di sisi lain, Parulian Silaban mengatakan, Bawaslu Labuhanbatu  juga memiliki strategi tersendiri dalam tugas pengawasan pemilu. Tetapi, peran elemen masyarakat juga turut diharapkan.

"Karena pesta demokrasi ini akan dilaksanakan secara serentak, tentu ini akan berat untuk kita, terutama Bawaslu yang telah diberikan mandat. Namun dengan peran elemen masyarakat serta insan pers, kiranya pesta demokrasi ini dapat berjalan aman, kondusif dan lancar," jelasnya.

Parulian pun berharap, melalui sosialisasi tersebut peserta dapat memahami peraturan pemilu serentak tahun 2024 dan peran elemen masyarakat dalam mencegah potensi terjadinya pelanggaran pemilu" terangnya.
Ketua PWI Labuhanbatu Roni Afrizal SE mengajak teman-teman insan pers turut menyukseskan pemilu tahun 2024 mendatang dan juga mengingatkan dalam memproduksi karya jurnalistik harus tetap mengedepankan kode etik dalam penulisan.

Dalam pesta demokrasi peran media sangat berpengaruh terhadap masyarakat, termasuk turut mensosialisasikan tahapan pemilu dan membentuk opini positif bagi masyarakat.

"Maka dari itu, wartawan dituntut melakukan kegiatan jurnalistik secara profesional," pintanya.

Dalam sosialisasi itu, pihak Bawaslu mendatangkan narasumber dari  Dosen Fakultas Sosial Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara DR Faisal Riza, MA
dan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Labuhanbatu Roni Afrizal SE. [M,Syarif]
Komentar

Berita Terkini