Suara Incumben Ungguli Pildatok Kampung Rantau Panjang, 119 Suara Rusak

harianrikiransumut.com | Penghitungan suara pada  pemilihan Datok Penghulu (Kades-red) Kampung Rantau Panjang Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang Periode 2022-2028 telah berakhir dilaksanakan oleh panitia pemilihan Datok Penghulu (P2DP) bertempat di halaman Kantor Datok Penghulu Kampung setempat, Selasa, (13/9).

Hasil akhir penghitungan suara tersebut, diungguli oleh kandidat calon Datok Penghulu bernomor urut 2 yakni Abd. Ja'far dengan perolehan suara terbanyak dan mengungguli kandidat calon Datok Penghulu bernomor urut 1 T. M Hasbullah 

Datok Penghulu terpilih, Abd Jafar merupakan Datok Incumben periode 2016-2022 memperoleh sebanyak 191 suara sementara T. M Hasbullah memperoleh 132 suara.
Dari hasil penghitungan suara, Calon Datok Penghulu bernomor urut 2 Abd Jafar memperoleh suara terbanyak dan dinyatakan resmi memimpin kembali Kampung Rantau Panjang pada enam tahun ke depan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Datok Penghulu (P2DP) Kampung Rantau Panjang, Hadian, dalam sambutannya mengatakan, bahwa jumlah daftar pemilih tetap(DPT)  Kampung Rantau Panjang sebanyak 487 dan yang hadir memberikan hak suaranya sebanyak 442 suara.

Dijelaskannya, dari jumlah 487 daftar pemilih, dinyatakan yang hadir sebanyak 442 orang pemilih,  suara sah sebanyak 323 suara dan suara tidak sah sebanyak 119 serta sebanyak 45 orang pemilih tidak hadir untuk memberikan hak suaranya, sebut Ketua P2DP Kampung Rantau Panjang, Hadian.

Disisi lain, Warga menilai, Pildatok Kampung Rantau Panjang kali ini ada keunikan dan keanehan dibandingkan pada pemilihan legislatif, diketahui jumlah surat suara yang rusak pada Pildatok kali ini mencapai 119 surat suara dan ini menjadi catatan sejarah terkait banyaknya surat suara yang rudak.
Amatan media, penghitungan surat suara Pildatok Kampung Rantau Panjang, dimulai oleh Camat Karang Baru Fakhrurrazi Syamsuyar, S.STP dan tampak antusias masyarakat hadir untuk menyaksikan penghitungan surat suara meskipun dalam kondisi hujan.

Tampak hadir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas kecamatan Karang Baru, Kepala KUA Karang Baru, Kepala Mukim Kemukiman Medang Ara, Kepala Mukim Kemukiman Simpang Empat, sejumlah para Datok Penghulu yang berada di wilayah kecamatan karang baru Kabupaten Aceh Tamiang. 
Komentar

Berita Terkini