Wabup Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar Hadiri Pelantikan Pengurus KSBN

harianfikiransumut.com | Deli Serdang-
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Pelantikan Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sumatera Utara di Pekan Sarapan Karya Anak Muda, Jalan Perintis, Desa Denai Lama, Deli Serdang, Sabtu (20/8/2022).

Pelantikan tersebut dihadiri Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KSBN, Mayjen TNI (Purn) Drs Hendardji Soepandji SH dan Pembina Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KSBN Sumatera Utara, yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H Musa Rajekshah.

Usai pelantikan, Wagub menegaskan keberdaan KSBN Sumatera Utara yang diisi para seniman dan budayawan diharapkan bisa menjadi wadah promosi seni dan budaya Sumatera Utara.

"Dengan hadirnya seniman dan budayawan ini, kita berharap bisa menjadi promosi daerah, Sumatera Utara. Jadi, biar orang tahu Sumatera Utara ini kaya dengan seni budaya. Melalui KSBN inilah kita berharap seni dan budaya ini bisa bangkit dan terpromosikan," harap Wagub.

Sementara itu, Ketum DPP KSBN, Drs Hendardji Soepandji SH memberikan apresiasi terhadap seniman dan budayawan di Sumatera Utara. "Karena kegiatan ini (seni dan budaya) berbasis dan berkembang di tengah masyarakat itu sendiri. Bukan sesuatu yang tidak bisa dijangkau, tapi bisa dijangkau. Inilah nanti yang akan menggerakkan ekonomi kerakyatan dan mengurangi kesenjangan," ungkapnya.

Mayjen (Purn) Drs Hendardji berharap keberadaan KSBN bisa dikembangkan di setiap kabupaten/kota di Sumatera Utara.

"Harapan saya, ini bisa dikembangkan di 34 kabupaten/kota di Sumatera Utara, sehingga tiap-tiap kabupaten memiliki lahan untuk mengembangkan seni dan budaya, sesuai dengan nilai-nilai di daerah itu sendiri. Setiap daerah memiliki nilai berbeda-beda, sehingga memang harus tumbuh di tengah masyarakat itu sendiri," harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan KSBN Sumatera Utara, Dt Adil Freddy Haberham, dalam laporannya menyebutkan KSBN Sumatera Utara merupakan wadah berkumpulnya para seniman dan budayawan Sumatera Utara. Terlaksananya pelantikan pengurus KSBN Sumatera Utara di lokasi tersebut juga merupakan prakarsa Pembina DPW KSBN Sumatera Utara, H Musa Rajekshah.

"KSBN berisi para seniman dan budayawan di Sumatera Utara. Awalnya, pengukuhan tidak dilakukan di tempat ini, namun atas prakarsa pembina DPW KSBN, Bapak Musa Rajekshah, karena ini berkaitan dengan budaya, jadi budayanya harus kental. Harus membumi, maka pelantikan dilaksanakan di sini," ujar Dt Adil Freddy Haberham.

Ketua KSBN Sumatera Utara yang dilantik adalah Ir H Soekirman dan pengurus lainnya.

Hadir pula di pelantikan pengurus KSBN Sumatera Utara tersebut, Sultan Serdang yang juga Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, T Akhmad Thala'a, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Deli Serdang, Hamdani Syahputra SSos, para seniman dan budayawan Sumatera Utara 

Turut mendampingi Wabup di acara itu, Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KominfoStan), Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar), H Koirum Rijal ST MAP; perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag);  perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik); Camat Pantai Labu, Rahmat Azahar Siregar SSTP MM, dan lainnya.(Rom)
Komentar

Berita Terkini