Bupati Lampung Selatan Terima Audiensi Akbid dan SMK Terkait MoU

harianfikiransumut.com | Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terima audiensi  Akademi Kebidanan dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Hampar Baiduri dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati setempat, Selasa (09/08/2022).

Audiensi ini bertujuan membahas perpajangan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan Akbid dan SMK Hampar Baiduri dengan pihak Pemerintah Daerah serta dilanjutkan dengan pembahasan tentang pengembangan Perguruan Tinggi di lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Diketahui, SMK Kesehatan dan Akbid Hampar Baiduri saat ini berada dibawah naungan dari Yayasan Dharma Putra Nusantara yang kedepannya memiliki rencana untuk membesarkan nama institusinya menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan ( STIKES).

Hal tersebut, diungkapkan oleh Drs. Irwan,MH selaku Direktur Hampar Baiduri. Dirinya mengatakan, kebutuhan tenaga kesehatan di Lampung Selatan masih sangat banyak namun fasilitas tempat pendidikan yang ada didaerah belum memadai.

“Banyak kawan-kawan di Lampung Selatan ini yang mendesak kita bagaimana kedepannya fasilitas pendidikan Hampar Baiduri ini memiliki program S1 dibidang Kesehatan sehingga mereka tidak harus jauh-jauh mengenyam pendidikan di daerah lain,” ucapnya.

Irwan juga menjelaskan, bahwa kedepannya pihak Hampar Baiduri sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) akan menjalankan program desa binaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

”saat ini kami masih mencari desa mana yang dapat kami jadikan binaan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat dan bagaimana peran kami perguruan swasta dalam membantu pemerintah daerah dalam memajukan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, Irwan juga menerangkan mengingat waktu kerjasama yang dilakukan antara pihak Hampar Baiduri dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan memasuki waktu akhir, maka pihaknya akan memperpanjang kerjasama tersebut karena berkenaan dengan prosedur dimana penempatan lahan praktek siswa dan mahasiswi harubaik kehadiran dari pihak Yayasan Dharma Putra Nusantara.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik kedatangan dari yayasan Dharma Putra Nusantara tersebut. Dalam audiesi tersebut Nanang Ermanto menyatakan kesiapannya jika ada hal teknis yang membutuhkan rekomendasi dari kepala daerah demi kemajuan pendidikan di bidang kesehatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Karena maju mundurnya Lampung Selatan ini bukan karena Infrastruktur yang bagus namun karena berhasilnya dunia pendidikan yang diisi dengan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidangnya ,”ujarnya.

Menanggapi tentang program Desa Binaan yang akan diselenggarakan oleh pihak Hampar Baiduri, Nanang Ermanto menyampaikan pihak Hampar Baiduri dapat berkoordinasi dengan Dinas Pembelajaran Masyarakat Desa (PMD) untuk mengetahui desa mana yang memang layak untuk dibina menjadi desa yang dapat memperoleh kualitas kesehatan yang lebih baik.

“Diharapkan dengan hadirnya Hampar Baiduri ditengah-tengah masyarakat Lampung Selatan nantinya juga dapat membantu mengedukasi masyarakat tentang masalah Stunting serta penting menjaga kesehatan lingkungan agar tidak timbul penyakit-penyakit seperti DBD dan lainnya,” tutup Nanang.(Suradi).
Komentar

Berita Terkini