PKS PT SJMS Diduga Sengaja Buang Limbah Hitam Ke Sungai Besitang.

harianfikiransumut.com :  Besitang -
Limbah hitam berbau busuk diduga sengaja dibuang ke Sungai oleh Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sawit Jaya Makmur antos (SJMS) ke Sungai Besitang melalui pipa paralon yang ditanam di bawah tanah dari lokasi PKS menuju Sungai di lingkungan Vlll Sepanjang Sekitar 3 Km.
Akibat limbah menghitam di permukaan Air Sungai, masyarakat lingku Vlll Simpang 3 kelurahan Bukit Kubu,Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat yang selama ini menggunakan air Sungai untuk mandi dan mencuci pakaian menjadi terganggu.

Menyahuti keresyahan masyarakat tentang limbah tetsebut, Bahbinkamtipmas Polsek Besitang Bripka Eka Purba didampingi Kepala lingkunga Vlll Muklis dan Dapit Pakpahan kepling lll turun ke lokasi  melihat Air Sungai yang dicemari limbah hitam sekaligus mengambil Sampele Air limbah sebagai bukti adanya limbah yang mencemari Air Sungai Besitang,Jum.at (3/6/2023).

Kepada wartawan, Kepling VIII Muklis mengatakan,Limbah hitam ini hanyut dari hilir sungai karna terbawa harus Pasang maka air bewarna hitam Pekat datang dari hilir.

Muklis juga mengatakan Pipa sepanjang kurang lebih 3 Km berada dibawah tanah dari Lokasi PKS yang terletak di lingkungan 1 Bukit Tangga menuju Sungai di lingkungan Vlll Kelurahan Bukit Kubu.

Ditempat yang sama warga 60 Ratna  mengatakan, Selama ini kami
Khususnya warga lingkungan Vlll mengunakan air Sungai untuk mandi dan Mencuci pakaian, tapi sejak belakangan ini bila Air sungai pasang berjbah menjadi hitam
pekat sehinga air sungai tidak dapat digunakan lagi,ucap Ratna. 

Terkait adanya pembuangan limbah ke sungai Besitang, diduga tidak sesuai dengan Baku Mutu oleh  Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) R.Simamora Manager PT. SJMS dikonfirmasi melalui Aplikasi WhatsAAp manager menjawab, Puku 05.00.wib Subuh Pagi Pompa Sudah kami Stop pak,Jawabnya singkat. (Raz)
Komentar

Berita Terkini