Jembatan Menuju Bukit Gayor Terancam Ambruk

 

Jembatan Menuju Bukit Gayor Terancam Ambruk.

harianfikiransumut.com | Besitang, Sumatera Utara - 
Jembatan berukuran sepanjang lima meter yang menghubungkan Lingkungan IV dan Lingkungan Vl Bukit Gayor Kelurahan Kampung Lama, Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara, terancam ambruk.

Jembatan yang dibangun mengunakan Dana APBD Langkat sekitar 10 tahun lalu, kini Kondisinya mulai terlihat rusak dan miring.

M.Yusuf warga setempat menuturkan terjadinya kemiringan jembatan ini diduga pengerjaan pondasi tidak secara maksimal, sehingga material tanah yang menutupi bahagian pondasi runtuh.

Ditambah lagi, terkena gerusan air sehingga dasar pondasi tampak terlihat jelas, kata Yusuf.

Untuk mengantisipasi agar jembatan dapat bertahan, para warga lingkungan Bukit Gayor terpaksa bergotong royong melakukan penimbunan tebing ujung jembatan yang telah rubuh, mengunakan material tanah yang dimasukan ke dalam karung, kata warga yang enggan disebutkan namanya.

Sementara, Melan salah seorang tokoh masyarakat warga lingkungan Vl Bukit Gayor Kecamatan Besitang meminta  Kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan.

Minimal melakukan pemasangan Bronjong agar Jembatan tersebut dapat bertahan, tandas Melan yang biasa disapa Kumis.

Pantauan harianfiksum.com dilapangan Kamis(14/01/21) di bahagian dasar pondasi didua sisi telah terkikis dan hanyut tergerus banjir di alur anak sungai.

Jembatan yang menjadi urat nadi bagi masyarakat untuk mengangkut hasil komuditas pertanian, seperti TBS, Getah dan hasil pertanian lainnya. kini bahagian ujung jembatan terlihat  miring.

Penulis : Ramlan. AZ

Komentar

Berita Terkini