RSUD Muyang Kute Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Bagi Pengunjung


harianfikransumut.com - Bener Meriah : Upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) semakin digalakkan, tidak hanya sampai disitu saja, pihak RSU Muyang Kute Bener Meriah ikut andil dalam pencegahan secara dini terhadap virus Corona yang saat ini lagi marak di bahas oleh publik. Terutama dalam meniadakan jam besuk (bertamu) dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap pengunjung RSU Muyang Kute Bener Meriah, Provinsi Aceh, kini telah di optimalisasikan.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di pintu gerbang masuk RSUD Muyang Kute Bener Meriah oleh sejumlah  petugas satpol PP dan satpam Rumah Sakit, hal itu disampaikan Direktur Rumah Sakit Muyang Kute Dr. Sri Tabahati, SpAn di ruang kerjanya, pada Kamis (19/3/2020). 

Selain melakukan pemerikasaan,  tambah Dr. Sri, pihak RSU Muyang Kute juga melakukan sosialisasi serta menghimbau anak-anak yang berkunjung bersama keluarga ke RSU agar tidak keluar rumah selama libur sekolah yang telah ditentukan oleh pemerintah selama 14 hari kedepan, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha RSU Muyang Kute Bener Meriah Zakaria SKM kepada media online ini menyampaikan, pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi kepala daerah hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mendeteksi penyakit corona dan langkah antisipasi. "Untuk Saat ini jam besuk sudah ditiadakan dan semua pintu sudah kita tutup sehingga hanya ada satu pintu masuk dan keluar menuju RSU Muyang Kute," papar Zakaria.

Lanjut Zakaria, apabila terdapat suhu di atas 38 derajat celsiuselcius pihaknya akan melakukan screening,  wawancara  dan mengambil suatu kesimpulan apakah orang tersebut termasuk ODP (Orang Dalam Pengawasan). Bahkan, pasien yang dirawat di RSUD Muyang Kute saat ini hanya boleh didampingi oleh satu keluarga pasien yang sehat.

"Kami akan melakukan pemeriksaan 1 x 24 jam terhadap seluruh pengunjung Rumah Sakit maupun pegawai RSU Muyang Kute, dengan mengunakan alat pengukur suhu tubuh yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah," terangnya

Selain itu, pihak RSUD Muyang Kute juga sudah menyediakan ruangan isolasi di UGD yang bisa digunakan apabila ditemukan gejala penderita Covid 19. "Disini hanya tempat transit saja sebelum  merujuk ke rumah sakit yang telah di tentukan pemerintah," jelasnya.

Zakaria menyebutkan, RSU Muyang Kute juga sudah memiliki fasilitas yang memadai serta membentuk APD dan tim dokter.

"Kami juga mengimbau kepada keluarga pasien maupun masyarakat, untuk tidak berkunjung ke RSU kecuali berobat dan dalam situasi yang memang emergency," harapnya. (Das)
Komentar

Berita Terkini