Terserang Antraks, Kacang Merah Milik Petani Gagal Panen

harianfikiransumut.com-
Bener Meriah : Tanaman kacang merah milik petani yang berada di Kampung Blang Ara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, terancam gagal panen, Rabu (4/12/2019).


Pasalnya, lahan seluas 2 haktare milik petani yang telah ditanami kacang merah itu hampir seluruh daunnya tampak mengering dan berwarna hitam, diduga terserang penyakit tanaman (antraks).


Salah seorang petani kacang merah Rayaskana, mengeluhkan tanaman kacang merah miliknya semakin hari semakin gosong. Ini dikarenakan seringnya hujan, sehingga tanaman saya mengering dan berakhir mati, katanya.


"Padahal tanaman kacang merah ini harapan saya satu-satunya, sebagai sumber mata pencarian ekonomi untuk menghidupi keluarga," keluh Rayas.


Dengan terjadinya gagal panen atas tanaman kacang merah milik petani, dirinya berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait, dapat memberikan solusi pencegahan penyakit hama pada tanaman. Supaya kedepannya, tanaman kacang merah milik petani dapat terbebas dari penyakit Antraks atau penyakit lain sejenisnya," pinta Rayas dengan wajah sendu. (Dasa)
Komentar

Berita Terkini