|

Lurah Bakaran Batu Lakukan Gotong Royong Bersama Damkar Dan DLH


harianfikiransumut.com-labuhanbatu: Di musim penghujan, Lurah Bakaran Ardi Juliandi Dalimunthe, S.T Batu lakukan gotong-royong bersama membersihkan parit aliran air di lingkungan JL Dr Hamkah Simpang Mangga, Minggu (03/11/2019) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini, dikatakan Lurah merupakan program kebersihan rutin yang dibuatnya dalam sebulan sekali akan melakukan gotong royong massal di wilayah Kelurahan Bakaran Batu.

“Kalau yang Jum’at bersih, Sabtu Hijau dan Minggu sehat rutin kita lakukan, tetapi ini dalam sebulan sekali tepatnya diawal bulan kita akan mengadakan gotong royong massal.”

Ardi menambahkan, kegiatan gotong royong ini akan dilakukan secara bergantian dan fokus ke saluran drainase yang tersumbat karena banyaknya sampah dan tanah yang tertimbun.

Fokus ini untuk mengantisipasi banjir apalagi ini di musim penghujan, kasihan masyarakat kita nanti kalau rumahnya tergenang air.

“Mudah-mudahan ke depan Kelurahan Bakaran Batu tidak ada lagi saluran-saluran
air yang tumpat.”

Ardi menghimbau kepada masyarakat agar bisa merawat lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Terutama memelihara dan menjaga kebersihan di rumah, jangan ada lagi nanti masyarakat yang membuang sampah sembarangan,”tutupnya.

Camat Rantau Selatan H. Azhar Rambe, S.E yang juga hadir pada kegiatan ini hingga memanggil pihak pemadam kebakaran untuk membantu membersihkan saluran air yang tumpat.

“Banyak parit bis itu yang tumpat, dikorek warga dengan cangkul dan kayu tidak bisa, lalu kita panggil pihak Damkar untuk membantu menyemprotkan aliran air.”

Camat mengatakan, sangat berterimakasih kepada pihak pemadam kebakaran yang telah membantu, sehingga yang tadinya air tidak mengalir ini menjadi lancar.

Hari Jumat nanti, Lanjut Camat, juga akan bergotong royong di pekan Sigambal dan akan melibatkan pihak Damkar dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Dari DLH kita hadirkan juga disana, jadi nanti ketika kita korek langsung diangkut dengan truk, karena ini program Pak Bupati, kita harus tanggap terhadap masyarakat.”

Diakhir, Camat juga menghimbau kepada masyarakat ketika sudah diadakan gotong royong ini harus minimal bertanggung jawab terhadap parit yang baru dibersihkan di depan rumahnya masing-masing agar tidak tumpat kembali.

M Tohir selaku warga di lingkungan dilakukannya kebersihan ini sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Lurah Bakaran Batu.

“Kalau hujan rumah di sekeliling ini sering airnya tergenang, tetapi hari ini sudah kembali lancar air mengalir, saya dan warga yang lain sangat berterimakasih sekali dengan Pak Lurah.”

Pantauan Media Harian Fikiran Sumut di lapangan, semua unsur yang terlibat saling bekerjasama dan sangat antusias dalam kegiatan kebersihan ini. Selesai hingga pukul 12.00 WIB dan menghabiskan 2 tangki air pemadam kebakaran.

Giat gotong-royong bersama ini turut diikuti Bhabinkamtibmas Kelurahan Bakaran Batu Aiptu Darman, Babinsa Kelurahan Bakaran Batu Serda Salman Paris, para Kepling dan juga masyarakat Bakaran Batu.
(M,syarif)
Komentar

Berita Terkini