Kepulauan Meranti Raih Peringkat Ketiga PK Stunting 2023

harianfikiransumut.com / PEKANBARU – Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih peringkat ketiga se-Provinsi Riau, dalam ajang Penilaian Kinerja (PK) Pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Stunting Tahun 2023. 

“Alhamdulillah, tahun ini kami berhasil mempertahankan gelar juara tiga, sama degan PK Stunting tahun 2022,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, usai mengikuti acara Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting se-Provinsi Riau tahun 2023 di Hotel Aryaduta Hotel Pekanbaru, akhir pekan lalu.

Dalam ajang yang diikuti oleh 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau tersebut, Kepulauan Meranti juga berhasil meraih peringkat ketiga untuk kategori kabupaten paling inovatif. 

"Jadi ada 2 kategori yang berhasil diraih peringkat ketiga, yakni Kategori Kinerja Terbaik dalam Pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi, dan peringkat ketiga Kategori Kabupaten Paling Inovatif,’’ ujar Asmar.

Pengumuman pemenang dilakukan oleh Ketua Tim Panelis Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau Ir. Heri Yanto, S.Hut, di hadapan perwakilan peserta kabupaten/kota usai melakukan kesepakatan perhitungan penilaian bersama tim panelis. 

Keberhasilan Kepulauan Meranti meraih peringkat ketiga karena dianggap mampu memenuhi tahapan pelaporan delapan aksi konvergensi penurunan Stunting tahun 2022 dengan baik pada web monitoring Dirjen Bangda Kemendagri.        

Sebelumnya, Plt. Bupati Kepulauan Meranti menyampaikan paparan terkait pelaksanaan delapan aksi konvergensi didampingi Kepala Bappedalitbang Kepulauan Meranti Muhammad Sakinul Wadi SHi, Kepala Dinas Kesehatan M Fahri SKM, bersama tim teknis TPPS Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Turut mendampingi Kabid PPM Bappedalitbang Kartini, S.Sos,M.Si, perwakilan dari OPD PMD, Dinsos KB. 

Hadir jug dalam pertemuan itu, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Rokhaizal, S.Pd, M.Pd, Sekretaris Dinas Kominfo M. Syafi’I dan perwakilan dari OPD pengampu TPPS lainnya.  

Dikatakan Asmar, Kepulauan Meranti berhasil menurunkan angka Stunting 17,5 persen tahun 2022 dari sebelumnya 23,5% dari tahun 2021.

"Keberhasilan tersebut tidak lepas dari berbagai terobosan dan upaya yang telah kami lakukan," ungkap Asmar sembari mengatakan bahwa Pemkab Kepulauan Meranti akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan stunting dan kemiskinan yang ada bersama Pemerintah Provinsi Riau. (Deki)
Komentar

Berita Terkini