Polres Tebing Tinggi Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi- 
Kapolres Tebing Tinggi Polda Sumut AKBP Mochamad Kunto Wibisono, SH, SIK, MSi  selaku Inspektur Apel memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023 dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri khususnya Polisi Lalu Lintas dan terciptanya kamseltibcarlantas  di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi, Rabu (8/3/23).

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H.,M.H, PJU Polres Tebing Tinggi, Danyon B Sat Brimobda Tebing Tinggi Kompol Heriyono, Waka Rumkit Bhayangkara Tk.IV Tebing Tinggi Kompol Leo Sembiring, personel Polres Tebing Tinggi, Subdenpom Tebing Tinggi, Koramil 13/TT, Sat Pol PP Kota Tebing Tinggi, Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi dan Jasa Raharja Kota Tebing Tinggi.


Kapolres Tebing Tinggi selaku Inspektur upacara menyampaikan amanat Kapolda Sumut, bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polda Sumut dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana yang dilibatkan pada operasi keselamatan toba 2023 sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga masyarakat Sumatera Utara dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas dapat menurun dan mewujudkan kamseltibcarlantas di wilayah provinsi Sumatera Utara.

Adapun sasaran operasi keselamatan toba 2023 yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi, yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri 1444 hijriah.

Operasi keselamatan toba 2023 dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari mulai tanggal 08 maret sampai dengan 21 maret 2023 dengan target operasi yakni masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan , ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Pada operasi ini Polda Sumut melibatkan 1.978 personel Polda Sumut yang terdiri atas :
• Satgas Polda Sumut : 150 personel
• Satgas Kewilayahan : 1.828 personel.

"Operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri  khususnya Polisi lalu lintas guna terciptanya kamseltibcarlantas di wilayah provinsi Sumatera Utara," papar Kapolres membacakan amanat.

Indikator keberhasilan pada pelaksanaan operasi keselamatan toba 2023 antara lain :
1. Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas
2. Menurunnya angka kecelakaan lalu lintas
3. Menurunnya tingkat fatalitas pada kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, tuturnya, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain :
1. Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan serta pemetaan terhadap lokasi / tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan
2. Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi melalui pemasangan leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.
3. Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas
4. Lakukan penegakan hukum lalu lintas dan teguran humanis dengan menggunakan etle mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran sebagai berikut :
a. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara
b. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih dibawah umur 
c. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang berboncengan lebih dari 1 (satu) orang 
d. Pengemudi atau pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendera kendaraan bermotor tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt) 
e. Pengemudi atau pengendara sepeda motor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol 
f. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus 
g. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.


"Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh personel Polda Sumut dan jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan operasi keselamatan toba 2023. Semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini dapat menjadi ladang amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa," tutup Kapolres Tebing Tinggi mengakhiri amanat yang disampaikan.(Naz)

Keterangan Foto : Kapolres Tebing Tinggi Polda Sumut AKBP Mochamad Kunto Wibisono, SH, SIK, MSi  saat  memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023, Di Mapolres Tebing Tinggi.
Komentar

Berita Terkini