Komitmen Datok Penghulu Kampung Kaloy Dalam Membangun Kampungnya

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Sebagai seorang pemimpin, tentunya mempunyai langkah dan strategi tersendiri dalam mengambil sikap dan membuat kebijakan untuk membangun Kampungnya melalui penggunaan dana desa (DD) Tahun 2023 agar menjadi lebih maju kedepannya.

Seperti halnya yang disampaikan Datok Penghulu Kampung Kaloy, Andi Syahputra, kepada harianfikiransumut.com, Senin, (13/3/2023), melalui telepon selulernya mengatakan bahwa ia berkomitmen melalui program kerjanya untuk membangun kampung Kaloy, baik tingkat pembangunan infrastruktur hingga menciptakan lapangan pekerjaan guna meminimalisir angka pengangguran.

Diterangkannya, melalui anggaran dana desa(DD) APBN tahun anggaran 2023, saat ini ia juga sedang membangun beberapa infrastruktur jalan, berupa jalan menuju ke lokasi wisata air panas serta jalan produksi bagi masyarakatnya yang bermata pencaharian sebagai petani.

Andi Syahputra merupakan seorang warga Kampung Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang yang diusung oleh masyarakat dan memperoleh suara terbanyak pada pesta demokrasi pemilihan Datok Penghulu (Pildatok) pada Juni 2022.
Kemudian pada Desember 2022, Andi Syahputra dilantik sebagai Datok Penghulu Kampung Kaloy periode 2022 - 2028 mendatang, oleh karena itu,  sesuai dengan visi dan misinya ia berkomitmen untuk membangun Kampung Kaloy bersama para perangkat dan dibantu oleh seluruh elemen masyarakat, ucapnya.

Pembangunan Infrastruktur merupakan bagian dari usaha yang dilakukan sebagai langkah awal di masa kepemimpinannya untuk membangun kampung. 

Melalui kebijakan yang diambil, ia bertekad dan harus berani membuat perubahan pada pembangunan yang merata guna untuk kepentingan masyarakat agar hasil pembangunan tersebut benar-benar dapat dirasakan sehingga pada akhirnya dapat berdampak terhadap perbaikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, sebut Datok.
Pembangunan Infrastruktur jalan Kampung Kaloy terus berjalan, seperti pengerasan jalan Wisata air panas di dusun Kaloy, jalan tersebut dibangun sepanjang 530 meter dengan lebar 4.5 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp 143.000.000.00 yang bersumber dari  Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Perkerasan jalan gang kuburan dusun Simpang 3 Pulau Tiga sepanjang 530 meter dengan lebar 4.5 meter senilai Rp. 112.890.000.00 melalui dana APBN 2023..

Selanjutnya pembukaan penerobosan jalan Usaha Tani di dusun Kaloy sebagai penunjang ekonomi masyarakat sepanjang 2 kilometer  dengan pagu anggaran sebesar Rp. 145. 919.538.27 bersumber dari dana APBK Tahun 2023.
Kemudian pembangunan 2 Unit Kolam pancing ikan di dusun Kaloy senilai Rp 43.470.000.00 yang nantinya akan menjadi aset dan akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMK),  tuturnya.

Tidak hanya itu, Andi Syahputra juga rela menggelontorkan dana pribadinya untuk membangun kampung Kaloy, seperti pada pembangunan jalan produksi, sebelumnya pembangunan jalan produksi hanya 2 kilometer dengan sumber anggaran Dana Desa 2023, namun, saya tambah  1 kilometer lagi menjadi 3 Kilometer menggunakan dana pribadi, ucapnya.

Beliau juga berharap, dengan dibangunnya jalan Produksi dan Jalan Wisata ini, tentunya akses perekonomian masyarakat kampung semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian masyarakat di Kampung, pungkasnya. (Pakar).
Komentar

Berita Terkini