Kini Puskesmas Karang Baru Dilengkapi Fasilitas USG, Mari Periksa Kesehatan

harianrikiransumut.com | Aceh Tamiang – Guna untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, kini UPT Puskesmas Karang Baru sudah dilengkapi dengan alat kesehatan Ultrasonografi (USG) untuk melayani pemeriksaan ibu hamil.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, melalui Kepala UPT Puskesmas Karang Baru, Ns. Apal Azmi S.KM, didampingi Kepala ruangan KIA/KB, Afriani Nadiya, STr. Keb.Bd kepada awak media diruang kerjanya, Selasa, (7/3) mengatakan fasilitas USG tersebut disediakan untuk memudahkan layanan masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan ibu hamil, melalui pemeriksaan secara rutin.

Ia mengatakan, alat USG tersebut sangat efektif menekan kasus kematian ibu dan anak, termasuk program pencegahan balita stunting dan akan ditangani oleh dokter yang sudah dilatih untuk penggunaan alat USG.

Dijelaskannya, bahwa dokter yang akan bertanggung jawab dalam penggunaan fasilitas USG di Puskesmas Karang Baru tersebut dipercaya kepada Dr. Maryan,M.kes, kata Apal Azmi.

Sebelum difungsikan, terlebih dahulu kita akan melakukan pelatihan tentang cara pengoperasian fasilitas USG tersebut. Direncanakan, fasilitas USG itu akan difungsikan pada pertengahan Maret 2023 mendatang,

Oleh karena itu, kepada masyarakat terkhusus bagi para Ibu Hamil yang akan mengetahui hasil kandungannya, sudah bisa datang langsung ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan secara gratis oleh dokter yang telah dilatih, ucapnya.

Disisi lain, tambah Apal Azmi, pihaknya juga akan membuka layanan pendaftaran secara online bagi masyarakat yang akan berobat, hal itu dilakukan untuk mempermudah bagi masyarakat dalam mendaftar dan mendapatkan nomor antrian tanpa harus menunggu lama.(Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini