Kadisnaker Deli Serdang Drs Binsar TH Sitanggang MSP menerima kunjungan Sekretariat Wakil Presiden RI

harianfikiransumut.com | Deli Serdang -
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Deli Serdang, Drs Binsar TH Sitanggang MSP didampingi Kepala UPT BLK Deli Serdang, Aswin Sembiring SPd menerima kunjungan Sekretariat Wakil Presiden RI, Pranggono Dwianto (Asisten Deputi), Titin Suriandi dan Tristia Ridhawati, Yanka (Deputi Usaha Mikro), serta Yitno, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Sumatera Utara di Balai Latihan Kerja (BLK) Deli Serdang, Kamis (9/3/2023).

Kunjungan tersebut untuk memperoleh data dan informasi tentang transformasi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dalam melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di binaannya, yaitu UPT BLK Deli Serdang dengan menitikberatkan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang sudah dilatih.

Kadisnaker memberi penjelasan, pelatihan yang dilaksanakan di UPT BLK Deli Serdang dilakukan secara Non Boarding yang pelaksanaannya dilaksanakan di workshop-workshop BLK Deli Serdang dan secara MTU di kantor-kantor desa di Kabupaten Deli Serdang.

Dalam perekrutan peserta yang mengikuti pelatihan selalu mengutamakan masyarakat Deli Serdang, khususnya untuk pelaksanaan di desa, Disnaker mengutamakan masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuannya, agar penerima bantuan PKH memiliki keterampilan guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Disnaker juga mengupayakan masyarakat yang telah dilatih agar menerima bantuan modal melalui corporate social responcibility (CSR) PT Bank Sumut, seperti yang telah dilakukan di tahun 2022. 
Selain itu, Disnaker juga berharap masyarakat yang telah dilatih BLK dapat menerima pelatihan lanjutan dan bantuan modal dari Dinas Koperasi dan UMKM.

Asisten Deputi, Pranggono untuk menurunkan angka pengangguran dan menuntaskan kemiskinan di Indonesia, maka perlu dibangun sinergi yang baik dan kolaborasi antara Dinas Ketenagakerjaan dengan Dinas koperasi. Tujuannya, supaya masyarakat yang telah dilatih diberikan fasilitas/ bantuan dalam berwirausaha, sehingga akan mucul wirausaha dan lapangan pekerjaan baru.

Turut hadir hadir di kesempatan itu, perwakilan BBPVP Medan, Budi Raharjo SIP, Caroline dan Iqbal Ibrahim Nasution SE.(Rom)
Komentar

Berita Terkini