IPM Madina dan Karang Taruna Siabu Ucapkan Selamat Pembentukan PMPS

harianfikiransumut.com / Madina -Keluarga besar Ikatan Pemuda Mandailing (IPM) dan Karang Taruna Kecamatan Siabu ucapkan selamat serta mengapresiasi atas berdirinya Persadaan Marga Pulungan Sedunia (PMPS) yang baru saja dibentuk dan diresmikan oleh beberapa orang serta tokoh bermarga Pulungan. Sabtu (11/3/2023).


Tan Gozali selaku Ketua IPM Madina mengaku jika keluarga IPM sangat mendukung dan mengapresiasi berdirinya PMPS guna menyatukan seluruh keluarga marga Pulungan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.


"Selain menyatukan keluarga marga Pulungan, PMPS ini juga dibentuk oleh beberapa tokoh adat marga Pulungan dan marga lainnya yang ada di tanah Mandailing", ucap ketua IPM Madina.



Bung Tan sebutan Tan Gozali menambahkan, "Selain dukungan kepada PMPS. Keluarga IPM juga turut mengharapkan dukungan dari semua lembaga adat yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Utara untuk saling menjaga adat istiadat dan selalu mengingat para leluhur bangsa Mandailing", tambah Bung Tan.



Sementara, Faisal Ali Sutan Pulungan bergelar Sutan Pulungan Naposo pada saat pembentukan PMPS ini terpilih sebagai ketua umum PMPS priode 2023-2026.


Faisal menyampaikan, ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung atas berdirinya PMPS ini dan kepada semua pihak diharapkan agar semua kalangan yang bermarga Pulungan bisa menjaga marwah dan nama baik marga Pulungan.


“Saya selaku Tokoh Adat Marga Pulungan sangat memberikan rasa hormat dan apresiasi yang tinggi kepada semua warga Mandailing serta tokoh masyarakat dan tokoh adat atas dukungannya terkait berdirinya persadaan marga Pulungan ini,” ucapnya kepada wartawan di Panyabungan, Sabtu (11/3/2023)



Disisi lain, ucapan selamat juga diucapkan Ringgo Siregar selaku ketua Karang Taruna Kecamatan Siabu yang juga bergelar Mangaraja Marancar keturunan dari raja Lottung Siregar.


Ringgo mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi berdirinya PMPS di Kabupaten Madina yang juga Kabupaten asal usulnya marga Pulungan.


"Semoga dengan berdirinya PMPS ini dapat memperkuat tali silaturrahmi antar marga Pulungan yang ada di tanah Mandailing maupun di seluruh wilayah yang ada di negara republik Indonesia ini," ucap Ringgo.


Tak hanya itu. Amir Mahmud Lubis S.Ag, MA tokoh masyarakat Madina juga tak lupa memberikan ucapan selamatnya kepada semua keluarga besar marga Pulungan atas dibentuknya PMPS tersebut.


Dalam ucapanya. Amir mengaku yakin dengan dibentuknya PMPS tersebut dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap adat dan budaya yang selama ini dianggap sudah ditinggalkan sebahagian masyarakat.

"Saya mendoakan semoga PMPS ini membawa mamfaat dan perubahan bagi seluruh marga Pulungan dan juga masyarakat Indonesia khususnya warga Kabupaten Mandailing Natal" kata Amir.


Amir menambahkan, "Bahwa marga Pulungan dan kerajaannya berada di wilayah Panyabungan tepatnya di Kecamatan Hutabargot. Namun untuk anak keturunan dari marga Pulungan saat ini tersebar di seluruh negeri dan bahkan sampai ke luar negeri", tambah Amir. (dm).



Komentar

Berita Terkini