Wabup Deli Serdang Resmikan Aplikasi Penerbitan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Deli Serdang

harianfikiransumut.com | Deli Serdang-
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar meresmikan Aplikasi Penerbitan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023, Kamis (26/1/2023).

"Di era globalisasi saat ini menerapkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan suatu keharusan yang untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat pelayanan publik sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia No.72 Tahun 2022 Tentang Spesifikasi Perangkat dan Blangko KTP Elektronik serta ID Digital," ungkap Wabup pada launching yang diadakan di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Deli Serdang, sebut Wabup, terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi melalui penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

"Launching Penerbitan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Deli Serdang ini merupakan upaya-upaya percepatan, sekaligus perluasan digitalisasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen untuk mengoptimalkan teknologi secara sistematis, informatif dan berkesinambungan," papar Wabup.

Wabup berharap aplikasi tersebut bisa meningkatkan pelayanan serta memberi kemudahan layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dekat, cepat dan murah. Sehingga, dapat membahagiakan masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

"Saya minta kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan seluruh jajarannya agar menyosialisasikan dan melaksanakan penyelenggaraan identitas kependudukan digital bagi masyarakat yang telah memenuhi persyaratan, sehingga aplikasi ini dapat segera dirasakan manfaatnya," kata Wabup.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dukcapil Sumatera Utara, Eko Irawan; Pasi Pers Kodim 0204/DS, Kapt Inf RE Sinaga; Wakasat Intelkam Polresta Deli Serdang, AKP Jalaluddin Siregar; Ketua Pengadilan Agama Kelas 1A Lubuk Pakam, Drs H Juaini SH MH; Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Putra Jaya Manalu SE MM, para Staf Ahli dan Asisten Pemkab Deli Serdang; pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang; camat se-Deli Serdang; dan lainnya.(Rom)
Komentar

Berita Terkini