Pj Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Peringatan HAB Kemenag Ke-77 Di Sekolah MAN Tebing Tinggi

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi-Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi hadiri Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 77 tahun 2023, Selasa (3/1/23), di MAN Kota Tebing Tinggi, Jalan Baja, Kelurahan Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya Muhammad Dimiyathi mengatakan bahwa, peran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Tebing Tinggi menyatukan, membina kerukunan umat beragama.

“Kemenag sebagai corong pemerintah di lapisan masyarakat memang harus mempunyai moderasi yang kuat. Mustahil suatu negara bisa berhasil dalam pembangunan kalau tidak stabil. Stabil itu ada kalau umatnya ikut dalam kerukunan dan toleransi,” katanya.

Disinilah peran Kemenag Tebing Tinggi menyatukan membina kerukunan umat yang di kota Tebing Tinggi. Sejalan dengan program utama Kemenag tentang moderasi.

“Alhamdullilah hingga saat ini kota Tebing Tinggi masih kondusif, tingkat toleransi cukup tinggi, saling menghargai antar umat beragama,” ujar Dimiyathi.

Dimiyathi tak henti menghimbau dan mengajak seluruh ASN untuk bersikap netral dalam tahapan pemilu 2024.

“Bukan arti masa bodo tapi mempunyai peran masing – masing. ASN bukan sebagai partisipan tapi sebagai fasilitator dan corong sosialisasi. Sekali lagi selamat Hari Amal Bhakti Kemenag ke 77 tahun 2023, semoga Kemenag di tahun 2023 semakin baik, semakin berprestasi,” ujar Dimiyathi.

Ketua DPRD Basyaruddin Nasution dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa, perlunya bersinergi berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di kota Tebing Tinggi.

“Khususnya di kota Tebing Tinggi, kita yakin Kemenag sudah berhasil di kota Tebingtinggi. Baik mengenai indeks moderasi agama, indeks kerukunan agama. Tentu ini yang paling penting ditingkatkan karena langsung berdampak pada warga di kota Tebing Tinggi. Semua berjalan baik seperti biasa, inilah tugas kita bersama untuk menjaga,” pungkas Ketua DPRD.

Harapan serupa disampaikan Kakan Kemenag kota Tebing Tinggi David Saragih. Mudah – mudahan kita (stekholder terkait dan elemen masyarakat lainnya) senantiasa dapat bersinergi dalam membangun komunikasi, membina umat, katanya.
“Khususnya di kota Tebing Tinggi, bisa bersinergi dengan Kemenag dalam membina umat dan mudah – mudahan kita tetap bersatu dalam membangun kota Tebing Tinggi,” harap Kakanwil Kemenag.

Adapun tema Hari Amal Bhakti ke 77 tahun 2023 ini “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.

Masih dalam rangkaian acara, dilaksanakan pelepasan balon, pemotongan nasi tumpeng dan penyerahaan tali asih secara simbolis kepada 15 orang (dari total 100 orang lebih) serta penyerahaan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN Kementerian Agama di kota Tebingtinggi yang telah mengabdi selama 10 dan 20 tahun.

Hari Amal Bhakti ini merupakan hari peringatan berdirinya Kemenag RI, yang selalu diperingati tiap tanggal 3 Januari dengan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Masih dihari dan tempat yang sama, sebelumnya, digelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag. Dimana Pj. Wali Kota Tebing Tinggi sebagai Pembina Upacara dan dihadiri unsur Forkopimda atau yang mewakili, dan para OPD terkait. (Naz)


Komentar

Berita Terkini