Pj Wako Tebing Tinggi Teri Gelar Datuk Wira Mangku Setia Dari Pemangku Kerajaan Negeri Padang

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi-Kerajaan Negeri Padang Deli memberi gelar Datuk Wira Mangku Setia kepada Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi. Gelar Bangsawan tersebut langsung disematkan Pemangku Kerajaan Negeri Padang, Tengku Muhammad Hisyam Firmansyah, di Gedung Hj Sawiyah, Jalan Sutomo kota Tebing Tinggi, Rabu (28/12/22).

Gelar Datuk Wira Mangku Setia merupakan gelar bangsawan yang diberikan Kerajaan Negeri Padang kepada seseorang yang dituakan dan dihormati, banyak berjasa lagi mulia, serta memangku negeri karena selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan dan masyarakat adatnya.

Sebelumnya, acara dirangkai dengan Qaul’ul Haq (penobatan) Tengku Muhammad Hisyam Firmansyah sebagai Pemangku Kerajaan Negeri Padang, yang kelak pada masanya menjadi Wazir Sultan Deli Negeri Padang oleh Tengku Hamdi Osman Delikhan Al-Haj gelar Tengku Raja Muda Deli selaku Pemangku Sultan Deli ke XIV.

Tengku Hamdi Osman Delikhan Al-Haj gelar Tengku Raja Muda Deli selaku Pemangku Sultan Deli ke XIV, usai mengangkat Pemangku Kerajaan Negeri Padang mengatakan, pada hari ini saya sangat senang dan antusias kegiatan hari ini bisa terselenggara dengan lancar dan khitmad.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi spirit bagi masyarakat adat di Tebingtinggi khususnya, dan semoga untuk Tengku Muhammad Hisyam Firmansyah sebagai Pemangku Adat yang membawa keberkahan di Tebing Tinggi nantinya, karena masih banyak tugas yang harus diselesaikan beliau sebagai nantinya menjadi Wazir,” singkat Raja Muda Deli Tengku Hamdi Osman Delikhan.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, usai menerima gelar Datuk Wira Mangku Setia menyampaikan, kegiatan hari ini untuk melestarikan adat budaya Melayu, khususnya Kerajaan Negeri Padang Deli yang ada di wilayah Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Terkait gelar Datuk Wira Mangku Setia yang baru diterima, Dimiyathi mengungkapkan bahwa gelar tersebut sebuah gelar kehormatan yang diberikan para pemangku adat.

“Gelar itu hanya sebuah gelar kehormatan, yang diberikan para pemangku adat dengan harapan kedepannya kita bisa terus beradaptasi dengan budaya-budaya yang ada, seiring dengan perkembangan zaman. Era-era kedepan, era digitalisasi tidak meninggalkan adat budaya kita,” tutup Dimiyathi.

Kegiatan Festival Budaya Melayu Penabalan dan Pengukuhan Datuk dan Penghulu Adat Kerajaan Negeri Padang Kota Tebingtinggi turut dihadiri, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, perwakilan unsur Forkopimda, para OPD dan para Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang.(Naz)
Komentar

Berita Terkini