Kamabigus Bertanggung jawab Penuh Gerakkan Kegiatan Pramuka Di Sekolahnya

harianfikiransumut.com | Labuhanbatu- 
Gerakan Pramuka adalah wadah untuk menempa generasi muda dalam mengasah keterampilan dan pengetahuan. 

Kepala sekolah bertanggungjawab penuh menggerakkan kegiatan pramuka di sekolahnya. 

Demikian ditekankan Ketua Kwarcab Labuhanbatu Sentosa Pohan S.Kom M.kom dalam pidato sambutan kegiatan Kursus Orientasi Kamabigus se Kabupaten labuhanbatu Gelombang 2  di dalam Lapas lll Labuhan Bilik jalan Merdeka Kecamatan panai Tengah kabupaten Labuhan batu.Sabtu  (19/11/2022) 

Lebih lanjut ia sampaikan, Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan merupakan bagian pendidikan nasional, yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya. Makanya kegiatan pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang penting diberikan kepada para siswa.

Menurutnya, bisa jadi ada anak yang pintar tapi tidak memiliki kecerdasan spritual, pintar tapi tidak memiliki kecerdasan sosial.

 "Untuk itu, pramuka-lah yang pantas mengisi ruang kosong itu, memadukan kecerdasan intelektual, spritual dan kepedulian sosial,” terang Ketua Kwarcab Labuhanbatu itu.

Katanya, berhasil tidaknya gerakan pramuka di labuhanbatu , bergantung pada peran gugus depan dalam melatih para siswa di sekolah. Makanya, pihak Kwarcab beserta jajaran lainnya akan terus memonitoring perkembangan kegiatan kepramukaan di seluruh sekolah di kabupaten  Labuhanbatu ini.
Ia berharap para kepala sekolah juga tidak segan-segan untuk melakukan konsultasi ke pengurus Kwarcab jika menemukan kendala dan hambatan di lapangan.

Ketua Kwarcab juga meminta para kepala sekolah mulai dari tingkat SD,MI,SMP,/MTS SMA dan MA SMK Negeri dan Swasta di labuhanbatu dan lebih kreatif dalam mencari terobosan baru untuk memancing para siswa agar lebih tertarik ikut kegiatan pramuka
sehingga ke depan,kepala sekolah mampu meningkatkan peran sertanya mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing-masing.

"Hal itu sesuai Permendikbud 63  tahun 2014, pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah, sehingga orientasi ini diharapkan mendorong kepala sekolah mengembangkan pramuka disekolahnya,”tutupny

Sementara itu, Ketua Panitia, Drs.H.Muhammad  Husni, MS menambahkan, kegiatan Kursus Orientasi Kamabigus se-Kabupaten Labuhanbatu adalah agar dapat memahami gambaran tentang kepramukaan,yaitu  peran fungsi dan tanggung jawabnya terhadap peran serta dalam pengembangan Pramuka di wilaya kamabigus masing-masing.

"pelaksanaan kursus Orientasi ini dilaksanakan ll gelombang,

Gelombang l dilaksanakan di Aula yayasan Sekolah Panglima Polem, 
Jln.Cuk Nyak Dhien Rantauprapat kelurahan siringo Ringo 
pada tanggal (16/11/2020) terdiri dari 5 Kwartir Ranting.

1.Kwartir Ranting Kecamatan Bilah Barat.
2.Kwartir Ranting Kecamatan Rantau Utara.
3.Kwartir Ranting Kecamatan Rantau Selatan.
4.Kwartir Ranting Kecamatan Bilah Hulu .
5.Kwartir Ranting Kecamatan Pangkatan.
yang diikuti 332 Peserta..

Dan gelombang ke 2 ini kami laksanakan di   Labuhan Bilik,
Terdiri dari 4 Kwartir Ranting.,

1.Kwartir Ranting kecamatan Panai Tengah  
2.Kwartir Ranting Kecamatan Panai Hilir.
3.Kwartir Ranting Kecamatan Bilah Hilir .
4.Kwartir Ranting Kecamatan  Panai Hulu.
yang diikuti  diperkirakan Berjumlah 237 Peserta..terangnya.

Untuk Pemateri dalam kegiatan ini, 
Marjani Sitepu S.pd dari Kapusdiklacab dan 
Warahmattan S.pd dari kapusdiklatda.


Sebelumnya Acara Kursus Orientasi Kamabigus se- Labuhanbatu ini Gelombang ll ini dibuka Camat Panai Tengah Amran S.pd.MM mewakili Bupati Labuhanbatu dr.H Erik Adtrada Ritonga.MKM.



[M.Syarif]
Komentar

Berita Terkini