Bupati Lampung Selatan Apresiasi 12 dokter internship Yang Bertugas di RSUD Bob Bazar

harianikiransumut.com | Sebanyak 12 dokter internship yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar, SKM Puskesmas Tanjung Bintang dan Ketapang pamit dengan Bupati, setelah melaksanakan tugas di Kabupaten Lampung Selatan selama 1 tahun. 

Pada program tersebut, mereka melatih kemandirian seorang dokter dalam menjalankan kompetensinya, mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan saat menimba ilmu di Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi para dokter internship yang telah melaksanakan tugas profesi selama 1 tahun di Kabupaten Lampung Selatan. Dirinya menilai, pengabdian tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan daerah, khususnya pada sektor kesehatan.

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepda adek-adek yang selama 1 tahun lebih ini telah membantu Lampung Selatan. Ada beberapa musibah, terutama selama pandemi Covid-19. Kita selalu berkoordinasi agar memacu bagaimana wilayah kita ini bisa aman dari covid-19,” kata Nanang.

“Saat ini banyak kegitan, ketika di Puskesmas adek-adek mensoliasasikan stunting. Alhamdulillah capaian kita sudah terbaik di Provinsi Lampung, ini merupakan jasa untuk Lampung Selatan. Karena kalian sudah membangun pemerintah daerah, ini yang kadang-kadang tidak terpikirkan oleh orang,” ungkap Nanang lebih lanjut.

Nanang berharap, pengalaman mengabdi selama 1 tahun di Kabupaten Lampung Selatan dapat menjadi kesan yang baik dan membekas diingatan para dokter internship.

“Mudah-mudahan selama 1 tahun ini bisa memberikan kesan baik untuk adik-adik semua, pada dasarnya kami di Lampung Selatan siap memfasilitasi kalau adik-adik ini masih betah di Lampung Selatan. Setelah dari sini, adek-adek nanti bisa bercerita tentang keindahan Lampung Selatan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur RSUD Bob Bazar, SKM dr. Yani Widyowati menyampaikan, selama bertugas di Lampung Selatan pada dokter internship tersebut bangak mengikuti kegiatan lainnya, seperti kegiatan Bansos dan Musrenbang.

“Banyak sekali kesan mereka selama bertugas disini, saya juga dulu pernah menjadi tim pendamping internship. Mudah-mudahan nanti temen-temen sejawat lainnya bisa lebih betah dan jadi mengabdi di Rumah Sakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yani menyampaikan, selama bertugas di Kabupaten Lampung Selatan para dokter tersebut juga turut mengeksplore ragam keindahan wisata dan kebudayaan yang ada di daerah.
Sehingga, kata Yani, yang didapatkan oleh para dokter internship bukan hanya pengalaman mengenai kondisi dunia kerja. melainkan juga, eksotisme wisata dalam daerah yang memang memiliki keindahan luar biasa.

“Mereka menyusur dan mengekplore keindahan lampung selatan. Selama pembekalan di Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan juga mengenalkan kebudayaan, keberagaman budaya dan wisata. Ada yang ke air terjun, pantai, gunung. Kalau dibilang bosen enggak malah oengen tambah lama disini,” ujar Yani.

Sementara, mewakili para dokter internship yang bertugas di Lampung Selatan dr. Yutricha Salsabila Fauzi yang berasal dari Universitas Lampung, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang telah menerima para dokter internship untuk mengaplikasikan ilmunya ditengah masyarakat.
“Akhirnya kami mengetahui bagaimana situasi kesehatan sebenarnya terutama untuk daerah. Bagaimana ketika kami menghadapi pasien, bertemu dengan masyarakat secara langsung, menolong, mengobati, mulai dari pasien yang mampu dan tidak mampu, bertemu pasien yang ramah hingga yang galak, menghadapi berbagai situasi mulai dari era pandemi hingga saat ini yang lagi trend gagal ginjal pada anak,” tutupnya.
Komentar

Berita Terkini