Air sungai Meluap, Ribuan Warga Besitang Mengungsi ke Tempat Yang Aman.

harianfikiransumut.com / Besitang - Tingginya curah hujan sejak beberapa hari belakangan ini mengakibatkan Air sungai meluap hinga Banjir melanda sejumlah desa dan Kelurahan Kampung Lama, Keulurahan Bukit Kubu, Desa Sekoci,terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Keterangan dihimpun awak media ini Kamis (03/11/2022) dari warga Lingkungan Vll,Vlll dan lX Kelurahan Bukit Kubu, sebahagian besar dari warga terpaksa mengungsi ke Areal jalur rel kereta api ( PT. KAI), dan fasilitas umum lainya, kata Ka.Lurah Bukit KubuFitriani. S.Sos saat berada di Posko Pengungsi lingkungan V Kel. Kampung lama. 

Pantauan Awak media ini dilapangan selain warga berusaha menyelamatkan  harta bendanya, mereka juga terpaksa mengeluarkan barang miliknya masing-masing seperti tempat tidur , kursi dan lemari diangkut ke tempat yang lebih aman, 

Sementara warga Lingkungan III 20 KK, Lingkungan V sebanyak 160 KK, dan di Lingkungan IV tercatat 357 terpaksa pengungsi.masing-masing  di Mesjid Taqwa dan di Posko di Lingkungan V Damar Laut,Kata Lurah Kampung lama Jamaludin S.Pd kepada wartawan.

Desa Sekoci,Daerah terdampak banjir Dusun Sidodadi sebanyak 143, 70 KK diantarnya mengungsi, Dusun Pantai Pulo 66 KK. Dan Dusun Sukaramai 124 KK, Dusun Sejambu 189 KK, ujar Syahrizal Tanjung, selaku Kordinator Tagana Kecamatan Besitang kepada wartawan.

Pantauan Media di beberapa tempat pengungsian, mereka mengaku.makan nasi seadanya (yang disebut warga nasi umat), ada yang makan nasi dengan lauk pauk dengan mie instan seperti di Mesjid Taqwa Lingkungan II Bukit Mas Pasar Kelurahan Kampung Lama.

Sementara itu, Camat Besitang,H.Irham Effendi,S.Ag dikonfirmasi harianfikiransumut.com terkait banjir di wilayah kerjanya mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memberi data yang Vald "Kita masih mengumpulkan data," ucapnya.Ia juga mengatakan Abang cari aja datanya di lapangan, kami pun dari lapangan juga dapat data, sama-nya itu" ujar Camat,Irham.

menjelang sore awak media ini coba menyambangi Posko di Lingkungan V Damar Laut Kelurahan Kampung Lama. Beberapa ibu rumah tangga (IRT) mengatakan Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin telah mengunjungi mereka di Posko tersebut.

orang nomor satu di Langkat itu,ada memberikan bantuanya.berupa beras 5 karung Perkarunya berisi 5 kg, berarti totalnya 25 kg, 5 kotak mie instan, dan 10 rak telur, ucap mereka diamini Ketua LPMK Kelurahan Kampung Lama, Hazmi, seraya mengatakan jumlah warga  di Lingkungan V Damar Laut sebanyak 160 KK.

bantuan hanya sebanyak itu,bagai mana cara membaginya, sementara jumlah warga mencapai 160 KK, "ya mungkin satu gengamlah satu orang, Kata Pengungsi yang lainnya ya bapak lah yang nambahi berasnya biar bisa kami bagi," kata ibu-ibu rumah tangga itu, yang engan menyebutkan identitas nya.

Dampak dari banjir yang terjadi bukan saja hanya menggenangi infrastruktur jalan.umum Jalinsum tapi ribuan rumah,warga termasuk fasilitas umum seperti gedung sekolah, kantor lurah, kantor Koramil 14 Besitang,mesjid,dan lainnya,sangat berdampak kepada kerudakannya akibat di rendam banjir. (R.az)
Komentar

Berita Terkini