Info Harga BBM ; Pertalite Rp 10.000 Pertamax Rp 14.500

harianfikiransumut.com | Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar Bersubsidi.

Adapun harga terbaru BBM Pertalite, dan Solar Subsidi berlaku pukul 14.30 WIB.

Harga Pertalite yang semula Rp 7.650 per liter menjadi 10.000 per liter dan Solar Subsidi yang sebelumnya Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.850 per liter.

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga beberapa harga jenis BBM akan alami penyesuaian," kata Jokowi dalam Konferensi Pers di akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/8/2022).

Jokowi mengatakan, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak tersebut supaya harga BBM di tanah air masih terjangkau.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN," ujar Jokowi.

Namun kata Jokowi, anggran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah membengkak tiga kali lipat dari Rp 502,4 Triliun dan angka tersebut bakal terus meningkat.

Selain itu, BBM subsidi 70 persen lebih dinikmati oleh masyarakat mampu yakni para pemilik mobil pribadi.

"Uang negara itu diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Selain itu, tak hanya BBM Pertalite dan Solar Subsidi harga BBM Pertamax ikut mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.(red).

Komentar

Berita Terkini