Diduga Pendamping Tidak Bekerja Secara Maksimal, Peserta PKH Hilang dari Data Penerima Bansos.

harianfikiransumut.com l Besitang -Pendamping PKH di diduga tidak Bekerja secara maksimal bahkan para petugas diduga tidak melakukan pengecekan rumah tangga KPM dilapangan secara berkala sesuai aturan. update data yang harus dikirimkan ke Kementerian Sosial untuk ditetapkan. sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021.

Atas dugaan tidak dilaksanakan pengecekan Rumah oleh Petugas Pendamping PKH banyak warga yang berhak menerima bantuan dari pemerintah melalui Program Keluarga Harapan (PKH)Akhirnya Nama mereka hilang begitu saja dari data Seperti. 

Rahmawati (43 thn)warga lingkungan lV Kelurahan Kampung lama. Kecamatan Besitang.Kabupaten Langkat.kepada harianfikiransumut.com Munggu(18/9/2022) wanit 4 anak ini menuturkan awalnya pada tahun 2021"saya sempat Satu kali menerima Bantuan PKH. 

Berupa uang yang dicairkan melalui ATM BRI.sebesar RP 700.000.setelah itu sampai saat ini "saya tidak pernah lagi menerima bantuan dari Program PKH Rahmawati juga mengatakan padahal pada waktu itu"saya mempunyai Anak Kembar masih berusia 2 tahun.sekarang sudah umur 3 tahun dan yang 1 orang lagi juga masih sekolah.kata Rahmawati. 

Hal yang sama juga terjadi terhadap.Siti mardiah 38 warga lingkungan lX Kelurahan Pekan Besitang. Kecamatan Besitang.Kabupaten Langkat.wanita 2 Anak ini.sejak beberapa bulan ini sudah tidak lagi menerima bantuan PKH Baik melalui BRI maupun BPNT. BLT dari kantor Pos.ia juga memaparkan. 

Sebelumnya "saya juga sebagai ketua kelompok PKH.anehnya kata Siti Mardiah Tau-tau Nama " Saya hilang sementara Anak "saya ada yang masih sekolah." Saya sudah tanyakan ke Pendamping tapi mereka menjawab bahwa Nama "saya terhapus dari data kata Siti Mardiah. 

Terkait hilangnya Nama-nama Peserta yang wajib menerima bantuan.Ramlan Selaku pengamat sosial mengatakan. data yang telah disahkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima bantuan sosial tertentu periode tertentu. Usulan Penerima Bantuan Sosial bersumber dari DTKS yang seharusnya telah melalui proses verifikasi kelayakan oleh Dinas Sosial.

Maka atas terjadinya permasalahan ini semua tidak terlepas dari peran Pendamping PKH di lapangan.sebap para petugas harus turun langsung ke lapangan untuk mendata yang akan dijadikan laporan Secara berkal

Ramlan juga mengatakan dengan turunnya petugas kelapangan.bukan saja petugas dapat mendata langsung terhadap rumah para persta akan tetapi petugas juga akan memperoleh temuan/laporan dilapangan bahwa KPM yang layak penerima bantuan sosial atau yang tidak layak.maka Dinas Sosial Kabupaten dapat menindaklanjuti KPM yang kembali masuk dalam usulan bantuan sosial periode berikutnya.Tandasnya.

Terkait hilangnya Nama.Rahmawati sebagai penerima bantuan Program Pemerintah Dinas Sosial.Evi selaku Pendamping PKH Kelurahan Kampung lama.Coba dikonfirmasi melalui Pangilan Via WhatSaap tersambung namun tidak diangkat.

Sebelumnya Pandi Usman selaku pendamping PKH Kel.Pekan Besitang mengatakan. Kalau tentang hilangnya Nama Siti mardiah dari data itu."kami tidak tua.dan tanyakan saja Ke Dinsos Kabupaten Langkat.kata Pandi Usman. (R.az)
Komentar

Berita Terkini