Bupati Lampung Selatan Kunjungi Stand UMKM dan IKM Serta Parade Adat Budaya

harianfikiramsumut.com | Lampung Selatan - Pelaksanaan Kecamatan Palas Fair 2022 yang berlangsung sejak tanggal 7 September hingga 8 September 2022 resmi dibuka, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola, Desa Palas Bangunan, kecamatan Palas ini, berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan 85 unit stand UMKM, Parade Adat Budaya 21 Desa se-Kecamatan Palas, Pentas Seni dan Gebyar Dongeng.

Adapun, pembukaan Kecamatan Palas Fair 2022 ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, didampingi oleh anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Lampung Selatan, Camat Palas Ns. Rosalina, M.Kep, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin.

Camat Palas Ns. Rosalina, M.Kep dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Kecamatan Palas Fair 2022 yang berlangsung selama 2 hari ini, merupakan ajang pengenalan produk UMKM kepada masyarakat luas.

Dirinya berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan produk, serta memperluas jaringan pelaku UMKM dalam menggaet para investor, sehingga bisa meningkatkan modal usaha.

“Kegiatan ini terselenggara atas kejasama dari seluruh stakeholder terkait. Sesuai dengan arahan tingkat pusat dan daerah bagaimana kita terus menggali potensi yang ada daerah, terutama di Kecamatan Palas. Serta mempromosikan semua budaya, UMKM Kecamatan Palas hingga ke tingkat tinggi,” jelasnya.

Rosalina juga mengatakan, akan terus melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Palas. sehingga, kegiatan pameran produk UMKM dan IKM dapat terus dilaksanakan sebagai ajang promosi produk yang sangat efektif dan efisien.

“Dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19. Kecamatan Palas sudah mencapai 30 persen target untuk booster 3. Kami harap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi para penggiat UMKM dan budaya,” kata Rosalina.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Pameran UMKM dan IKM di Kecamatan Palas. Bukan hanya meriah, masyarakat dan para penggiat UMKM pun terlihat sangat kompak menampilkan berbagai produk unggulan desa.

Dirinya mengatakan, Kecamatan Fair 2022 merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, yaitu melalui promosi budaya dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

Yang mana, kata Nanang, UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia, serta telah berkontribusi besar terhadap pemulihan ekonomi nasional. Oleh karenanya, diharapkan UMKM Lampung Selatan dapat terus bangkit dan mempu menjadi stabilitas sistem perekonomian daerah.

“Ini titik ke 3 saya Kecamatan Fair, saya terus terang hari ini luar biasa. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa yang telah menampilkan kreasi desa, tarian Jawa, Lampung Sumatera dan budaya lainnya. Ini menunjukkan kebudayaan kita dalam menyatukan kesenian dan budaya,” ungkap Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang juga meminta kepada masyarakat dan penggiat UMKM, IKM dan Budaya, agar tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi situasi COVID-19 serta inflasi yang membuat perekonomian daerah tidak stabil.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Nanang berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah, serta terus menggali potensi desa, mulai dari sektor UMKM, IKM, Seni dan Budaya, serta Pariwisata.

“Manfaatkan pekarangan pekarangan, jangan cabe tinggi harganya ibu ibu teriak. Ini bukan indonesia saja, ini global, dunia, maka saya pinta terus gali potensi desa, UMKM untuk menggali ekonomi. Terjadi inflasi, yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bagaimana dengan situasi saat ini kita makin cerdas dalam hal berfikir, dalam situasi inflasi seperti ini,” jelasnya.

Usai membuka acara, Bupati Lampung Selatan didampingi anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Lampung Selatan, Camat Palas Ns. Rosalina, M.Kep, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, turut mengunjungi Stand UMKM dan IKM yang terdapat di Kecamat, (Suradi).
Komentar

Berita Terkini