Puskesmas Sapta Jaya Lakukan Aksi PMT Di Desa Suka Mulia

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang – Dalam upaya meningkatkan kesehatan gizi balita, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang melalui Puskesmas Sapta Jaya melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Balita yang mengalami stunting di Desa Suka Mulia Kecamatan Rantau, Jum'at,(26/8) pagi.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. 

Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah.

Kepala Puskesmas Sapta Jaya, Benny Wahyudi, S.Kep mengatakan pemenuhan gizi lengkap dan seimbang merupakan salah satu program program pemerintah guna mendukung program eliminasi stunting, agar masalah stunting bisa diminimalisasi.

Oleh karena itu, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, kami memberikan tambahan gizi kepada balita bertujuan untuk perbaikan gizi balita yang memang kondisinya stunting, agar tumbuh kembang si balita menjadi normal seperti anak seusia lainnya, ujar Benny Wahyudi, S.Kep.

Disela-sela kegiatan, Kepala Puskesmas Sapta Jaya Benny Wahyudi, S Kep mengatakan bahwa, kegiatan ini untuk mengurangi angka balita yang mengalami stunting.

Dijelaskannya, hari ini sebanyak dua orang balita  yang diberikan makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan gizi dengan kategori balita yang mengalami stunting.

Menurutnya, di Desa Suka Mulia ini ada dua balita yang mengalami stunting,  kedua balita itu telah diberikan makanan tambahan.

Dijelaskannya bahwa sasaran kegiatan hari ini khusus untuk balita (stunting), kata Benny Wahyudi, S Kep sembari menyebutkan pemberian Makanan Tambahan tersebut berupa, telur, kacang hijau, susu telor dan roti biskuit.

Beliau juga berpesan, agar para ibu balita untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan memperhatikan dan mengkonsumsi makanan yang mengandung bergizi, ungkapnya mengakhiri.

Amatan media saat berlangsungnya kegiatan, tampak pelaksanaan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada Balita tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Puskesmas Sapta Jaya, Benny Wahyudi, S Kep dan turut didampingi oleh Bidan Desa, tokoh masyarakat dan petugas gizi.(Abdul Karim).
Komentar

Berita Terkini