Pj Wako Bersama TKPSDA Sumut Survey Sungai dan IPA PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi

harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi- Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi bersama Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Belawan, Ular dan Padang, melakukan survey lapangan, Senin (29/8/22) di Sungai Bahilang, Sungai Padang dan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) PDAM Tirta Bulian Kota Tebing Tinggi.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi bersama TKPSDA dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II langsung melakukan peninjauan Pengendalian Daya Rusak Air Sungai Bahilang yang berada di Kelurahan Mandailing. Selanjutnya rombongan langsung menuju Instalasi Pengelolaan Air (IPA) PDAM Tirta Bulian yang berada di Kelurahan Bulian.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi menjelaskan, kegiatan ini sementara masih sifatnya survey, atau penelitian lapangan, dari beberapa masukan yang pernah kita sampaikan kepada BWS Sumatera II. Jadi ini Tim dari BWS Sumatera II melakukan klarifikasi lapangan, dan nanti akan ditentukan program mana yang sangat proritas untuk ditindaklanjuti.

“Ini semua dilakukan dalam rangka penanggulangan banjir, walaupun proyek besarnya ada di sudetan. Tapi sifatnya yang penanggulangan banjir sementara, ini juga akan ditindaklanjuti oleh BWS Sumatera II,” jelas Dimiyathi.

Selanjutnya Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan selaku Kepala Sekretariat TKPSDA WS BUP, Novita Rahmadani mengungkapkan, dari hasil peninjauan lapangan yang telah dilakukan, semua program penanggulangan menurut kami adalah prioritas. Namun kembali lagi nanti akan kami bahas di tim lebih lanjut, dan sesuai dengan ketersediaan dana yang ada di kami, nanti akan kami bahas lebih detail lagi.

“Sejauh ini Insya Allah Kota Tebingtinggi akan dapat program penanggulangan tersebut. Namun kita tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kota Tebingtinggi,” ujar Novita Rahmadani.

Sementara itu, Anggota TKPSDA Sumatera Utara, H. Hamdan Nurmanik yang juga Ketua Komisi Penanggulangan Daya Rusak Air Sumatera Utara menjelaskan, sebenarnya ini adalah salahsatu program kegiatan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumberdaya Air.

Tujuan daripada kunjungan lapangan ini, kita mau melihat bagaimana sebenarnya kondisi Sumber Daya Air yang ada di wilayah Sungai Belawan, Ular dan Padang.

“Dan ini nantinya ada beberapa rekomendasi yang akan kita keluarkan, terutama masalah bagaimana pengambatan air terhadap PDAM Tirta Bulian dan bagaimana penaggulangan banjir lainnya seperti ada kerusakan, itu juga kita rekomendasikan, itulah tujuan daripada kunjungan lapangan ini,” sebutnya.

Semoga kunjungan lapangan ini nantinya bisa melahirkan rekomendasi untuk pelestarian Sumber Daya Air yang ada di daerah Sungai Padang Kota Tebingtinggi, kata Hamdani Nurmanik.

Dirut PDAM Tirta Bulian Tebing Tinggi Khoiruddin saat peninjauan Instalasi Pengelolaan Air, menjelaskan kepada Tim Survey permasalahan dan program PDAM Tirta Bulian, dalam upaya peningkatan pelayanan dan mutu air terhadap konsumen.

Peninjauan Lapangan TKPSDA bersama Pj Wali Kota Tebing Tinggi berakhir dengan menelusuri Sungai Padang dengan menggunakan perahu karet dari Instalasi Pengelolaan Air PDAM Tirta Bulian menuju titik temu antara Sungai Padang dan Sungai Bahilang di Kelurahan Badak Bejuang. (Naz)

Keterangan Foto : Pj Walikota Muhammad Dimiyathi bersama TKPSDA Sumut saat menjelajahi aliaran Sungai Padang Kota Tebing Tinggi.
Komentar

Berita Terkini