Kampung Alur Bemban Semarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Beragam Perlombaan

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat itulah kalimat yang menjadi tema pada perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang digelar di lapangan bola kaki dusun damai Kampung Alur Bemban Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu, (28/8/2022).

Kita ketahui bersama, bahwa dua tahun berlalu, HUT Kemerdekaan RI hampir luput dirayakan oleh masyarakat Indonesia diakibatkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan mewabahnya penyebaran Covid-19 yang melanda ke seluruh aspek kehidupan.
Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah Indonesia telah memberikan kelonggaran kepada rakyatnya untuk melaksanakan kegiatan dan aktivitas guna keberlangsungan hidup di era new normal.

Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang Kemerdekaan bangsa Indonesia pada zaman dahulu, Kampung Alur Bemban menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka  menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 bertepatan pada 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Datok Penghulu Kampung Alur Bemban, Misnan di sela-sela berlangsungnya perayaan hari kemerdekaan republik indonesia ke-77 bersama seluruh elemen masyarakat kampung Alur Bemban.
Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama bisa  merayakan hari kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan perlombaan, walaupun kegiatannya kita laksanakan di penghujung bulan Agustus, kata Datok Penghulu.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia pelaksana kegiatan 17 Agustus 2022 serta semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Tok Misnan juga menjelaskan, bahwa kegiatan perlombaan ini diikuti oleh seluruh masyarakat kampung Alur Bemban, mulai anak dari usia dini, para pemuda, remaja dan dewasa.
Kegiatan ini dapat terlaksana atas sumbangsih dan partisipasi serta swadaya masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, sebutnya.

Dijelaskannya, hari ini ada belasan perlombaan yang digelar berupa Lomba Sepak bola, Lomba makan kerupuk putra dan putri, Lomba makan roti untuk anak-anak usia dini, Lomba pancing botol putra/putri, Lomba Balita masukkan air ke dalam botol, Lomba tarik tambang dewasa antar dusun, Lomba bawa kelereng dalam sendok untuk putra-putri.

Kemudian, Lomba balap karung putra menggunakan helm, Lomba balap karung putri, Lomba Sepeda lambat putra-putri, Lomba Joget Kursi bagi kaum ibu-ibu, Lomba Estaped Karet menggunakan pipet dan Lomba senam massal Kemerdekaan.
Bagi peserta lomba yang menang, turut diberikan hadiah, baik juara 1, 2 dan 3, serta tersedia pula hadiah hiburan bagi para peserta lomba yang tidak mendapatkan juara.

Perlombaan ini bukan dinilai dari menang dan kalahnya, akan tetapi hal yang terpenting bagaimana kita dapat mensyukuri dan memaknai arti dari sebuah kemerdekaan, serta  dapat dijadikan sebagai wadah untuk mempererat kebersamaan, kekompakan dan silaturahmi antar sesama, tuturnya.

Semoga nilai-nilai kebersamaan ini bisa terus terjaga seterusnya,” harap Misnan sembari menambahkan kedepannya Kampung Alur Bemban bisa merayakannya lebih meriah lagi.

Amatan media saat berlangsungnya kegiatan, tampak antusias masyarakat menghadiri acara perlombaan tersebut dan para peserta lomba sangat kompak dan terlihat akrab tidak ada batasan dan perbedaan. 
Komentar

Berita Terkini