Gunakan Dana Desa Bermasa Tahap Awal, Pemdes Kadur Bangun Infrastruktur

harianfikiransumut.com | Rupat - Pemerintah Desa Kadur Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis melaksanakan sejumlah pembangunan fisik yang dialokasikan dari Dana Desa Bermasa Tahap Pertama Program Bupati Bengkalis, Hj. Kasmarni TA 2022.

Saat di temui awak media harianfikiransumut.com, Kepala Desa Kadur, Jai Roni. S. Sos, Senin (29/8/2022) di ruang kerjanya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bupati Bengkalis karena telah koperatif dalam upaya pemerataan pembangunan desa desa khususnya di Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

Melalui kucuran program dana desa bermasa itu, pihaknya dapat melaksanakan pemerataan pembangunan di sejumlah pelosok, khususnya Desa Kadur, sebutnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada PKA dan TPK dalam melaksanakan kegiatan harus mengacu kepada petunjuk teknis dan juknis yang merupakan cerminan peraturan bupati Bengkalis nomor 74 tahun 2021. ”tentang pedoman pengelolaan bantuan keuangan bersifat khusus untuk program bermasa, di Kabupaten Bengkalis,” harapnya.

Untuk itu, berkaitan dengan proses kegiatan pembangunan, Kades yang akrab disapa Jai itu mengatakan, bahwa untuk anggaran pemberdayaan masyarakat sebanyak 40% dan untuk pembangunan fisik sebanyak 60%, tambahnya.
Dijelaskannya bahwa dari jumlah (60%) bidang pembangunan fisik itu dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur fisik berupa semenisasi jalan dan gorong-gorong.

”Untuk pembangunan infrastruktur semenisasi Gang Damai RT 10/RW 5, dianggarkan senilai Rp. 97. 478.600, Volume 110 meter Sumber dana BKK Bermasa dan gorong-gorong serta masih ada kegiatan pembangunan fisik lainnya dalam proses penyediaan material, ucapnya.

Jai Roni. S. Sos juga mengatakan, bahwa untuk program bermasa bidang pemberdayaan khususnya Desa Kadur, pihak pemdes setempat akan kucurkan bantuan  bibit tanaman lokal berupa bibit tanaman buah- buahan di pekarangan rumah masyarakat,  pungkasnya. (Alan)
Komentar

Berita Terkini