Syah Afandin Membuka Pelatihan Bela negara Brigade Masjid BKPRMI

harianfikiransumut.com : Langkat - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH membuka Pelatihan Brigade Masjid DPD BKPRMI Kabupaten Langkat, di Aula Cabang Dinas Pendidikan Stabat (Gedung Pegnasos Stabat), Rabu (13/7/2022). 

Satuan tugas remaja yang disebut Brigade Masjid untuk memakmurkan masjid kembali dilantik oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Langkat, dari 13 - 16 Juli 2022.

Giat diikuti 68 peserta dari 6 Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK BKPRMI), diantaranya DPK Babalan, Besitang, Tanjung Pura, Selesai, Stabat, Secanggang dan DPK Wampu. 

Pada sambutanya Plt Bupati mengatakan, pelatihan belanegara pada brigade masjid bukan bertujuan menjadikan mereka seperti tentara, namun lebih pada peningkatan kesadaran remaja untuk mencintai masjid. 

Selain tempat pelaksanaan beragam aktivitas agama, masjid juga berfungsi sebagai sarana pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. Sebab masjid adalah tempat peradaban. Namun secara perlahan, fungsi tersebut kini seolah meluntur.

Syah afandin berharap, para pemuda-pemudi yang terhimpun dalam Brigade Masjid BKPRMI senantiasa taat melaksanakan ibadah diawal waktu, menjadi orang pertama yang hadir di masjid dalam setiap waktu datangnya sholat, serta mampu menjadi motor penggerak dalam pengembangan dakwah Islam yaitu dengan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas umat Islam pada umumnya dan khususnya bagi pemuda-pemudi. 

Sebelumnya Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Langkat Edi Syahputra mengatakan, pelatihan Bela Negara pada brigade BKPRMI tidak dapat dilaksanakan dua tahun lalu akibat pandemi Covid-19. 

Lanjut Edi mengatakan, BKPRMI Kabupaten Langkat akan terus berupaya mengembangkan sayapnya, serta siap menjadi garda terdepan mengawal dan bersama pemerintah daerah dalam membangun Langkat menjadi negeri betuah yang maju, sejahtera dan religius, sesuai visi misi Bupati Langkat. 

Turut hadir pada giat tersebut; Kacabdis Pendidikan Provsu M Basir, Plh Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, Kepala BPKAD Drs M Iskandarsyah, Kadis Perhubungan Drs Mulyono MSi, Kadis Pendidikan DR H Saiful Abdi SH SE MPd, Wakil Sekertaris DPW BKPRMI Sumatra Utara Mukhrijal Imam MPd.(red)
Komentar

Berita Terkini