Plt Bupati Langkat Sambut Tim Penilaian Desa/Kelurahan Terbaik Provsu.

harianfikiransumut.com : Langkat - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat melalui Asisten Adm Ekbang Drs H Hermansyah MIP menyambut Tim penilaian Desa/Kelurahan terbaik dari Provinsi Sumatera Utara, di Halaman Kantor Kelurahan Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu dan Kantor Desa Pematang Cengal Barat Kecamatan Tanjung Pura, Selasa (19/7/2022). 

Kunjungan Tim penilai dipimpin Kabid Kelembagaan Dinas PMD Provsu Hardianto SSTP MAP, untuk memberikan penilaian dalam rangka mengikuti program Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara. 

Pada sambutan Plt Bupati yang disampaikan Asisten Adm Ekbang Hermansyah mengatakan, kegiatan ini sangat penting, dimana kegiatan penilaian Desa/Kelurahan dilaksanakan rutin tiap tahun, sebagi penilaian keberhasilan pembangunan Yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. 

Dimana desa dan kelurahan merupakan lembaga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yang diarahkan pada upaya terpadu dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan, penetapan kebijakan dalam bentuk regulasi, maupun program kegiatan yang diarahkan pada kepentingan masyarakat. 

Hermansyah berharap, kedatangan tim penilaian Pemprovsu memberikan semangat Kelurahan Beras Basah Pangkalan Susu dan Desa Pematang Cengal Barat untuk meningkatkan pembangunan diwilayahnya.

“Semoga semangat, hingga meraih hasil terbaik yang mengharumkan nama Langkat di tingkat Sumut sampai Nasional,” harapnya.

Semntara itu Hardianto mengatakan, penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dari hasil yang dicapai masing-masing Desa/kelurahan peserta lomba.

“Penilaian ini dalam rangka memberikan motivasi dan mendorong pembangunan sekaligus pengembangan serta memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian Desa/Kelurahan,” jelasnya.

Pelaksanaan penilaian, sambung Hardianto, dilakukan setiap tahunnya secara rutin sesuai Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan.

Jadi salah satu dokumen yang wajib dipersiapkan bagi peserta dalam penilaian, kata Hardianto, adalah rencana pembangunan jangka menengah atau dokumen perencanaan lainnya, serta profil Desa dalam bentuk online dan offline bagi Desa yang tidak terjangkau jaringan internet. 

“Semoga dengan dilaksanakan penilaian Desa/Kelurahan ini, efektivitas penyelenggaraan pembangunan meningkat,” ujarnya.

Turut hadir pada giat tersebut; Wakil Sekretaris PKK provsu Herman, beserta tim penilai kelurahan terbaik 2022, OPD Kabupaten Langkat berhadir, Camat Pangkalan Susu, Camat Tanjung Pura dan Forkopimca, Lurah, Kepala Desa serta Pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan Desa dan Kelurahan masing masing tempat kegiatan.(red)
Komentar

Berita Terkini