Sambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Bireuen Gelar Perlombaan Teuot Budee Tring

harianfikiransumut.com | Bireuen- Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, Polres Bireuen menggelar acara Teuot Beudee Tring (menyalakan meriam bambu-red), Jum’at 24/6/2022.

Jajaran Polres Bireuen Gelar Teuot Beudee Tring Semarak Hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 Acara tersebut digelar dilapangan Mapolres Birueuen Desa Cot Buket Kecamatan Peusangan Bireuen.

Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja, S.I.K., M.H., membuka langsung acara tersebut, Ia mengatakan, Teuot Beudee Tring serentak merupakan bahagian dari rangkaian nasional dalam menyambut HUT Bhayangkara 76.

Kegiatan lomba Teuot Beudee Tring Mapolres Bireuen yang di ikuti oleh beberapa bagian Kabag Ops, SDM, SatBinmas, SatSabhara Sat Reskrim, SatLantas, Bag Log dan jajaran Polsek. 
Seluruh personel Polres Bireuen sambut antusias oleh personel Polri khususnya Polres Bireuen dan Polsek, sehingga acara tersebut di ikuti oleh masyarakat sekitar Polsek.

Menurutnya, Tradisi Teut bude trieng (menyalakan meriam bambu-red), mulai hilang digerus masa dan generasi sekarang menganggapnya aneh. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, segala bentuk yang bersifat tradisional mulai hilang untuk tradisi satu ini masih begitu populer dan di pertahankan dari kebiasaan masyarakat Aceh. Jelasnya.

Di ketahui, Latar belakang tradisi terinspirasi dari masuknya portugis ke Aceh. Hal ini dibuktikan dengan fakta, tiap wilayah dijajah Portugis, masyarakatnya memiliki tradisi menyalakan meriam bambu. Tradisi ini menyimpulkan semangat perjuangan di masa-masa penjajahan dan mengembalikan ruh perjuangan.

Untuk itu, sebutnya,  Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menggali kembali potensi budaya dan melestarikan kearifan lokal Aceh.“Agar nilai-nilai luhur budaya, yang ada di dalam suatu tradisi dapat tetap dipertahankan”. Ujanya Mike Hardy.

Kapores Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja, S.I.K., M.H., kepada Tabloidbnn.id disela melihat kesiapan dan uji ledakkan meriam bambu yang nantinya semua peserta lomba Teuot Beudee Tring akan beri nilai dengan lima kali ledakan 
Dalam menggelar lomba Teuot Beudee Tring di Hari Bhayangkara ke-76. Tim penilaian lomba dipimpin langsung oleh Kapolres juga di dampingi Wakapolres Bireuen Kompol,Adli SE,MM.

Dari hasil tim yang telah melaksanakan penilaian lomba ke seluruh peserta lomba Teuot Beudee Tring juara pertama jatuh pada Polsek Jangka dengan memperoleh nilai 125 dan Juara ke Dua Bag Logistik dengan nilai 120 serta Ketiga memperoleh nilai 110 raih Polsek Peusangan.(Mzk)
Komentar

Berita Terkini