Di Tebing Tinggi Harga Sejumlah Bahan Pokok Meroket, Khususnya Cabai Merah


harianfikiransumut.com I Tebing Tinggi- Harga sejumlah bahan pangan pokok di pasar tradisional di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara,Selasa (7/6/22) merangkak naik ,kenaikan terdapat pada komoditas cabai,yang merangka naik hingga hampir dua kali lipat dari harga biasanya.

Kenaikan harga bahan pangan pokok, terdapat di salah satu pasar tradisional,yaitu, Pasar Gambir Kota Tebing Tinggi,yang mana kenaikan terdapat pada cabai merah,yang biasanya di jual dengan harga 30 puluh ribu rupiah perkilo,kini naik menjadi 52 ribu rupiah perkilo nya.

Sedangkan dengan cabai hijau,naik dari harga 20 ribu rupiah perkilo,kini naik menjadi 40 ribu rupiah perkilo gramnya, sementara cabai rawit dari harga 25 ribu rupiah perkilo,kini naik menjadi 48 ribu rupiah perkilo gramnya.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah,yang semulanya dengan harga 12 ribu rupiah perkilo,kini naik menjadi 42 ribu rupiah perkilo gramnya,sedangkan harga bahan pangan lainnya seperti,tomat dan kol naik rata-rata 4 ribu rupiah per kilogram nya.

Selain bumbu dapur,kenaikan harga yang signifikan juga terjadi pada komoditas telur ayam,saat ini telur ayam denga ukuran super di jual 54 ribu rupiah perkota yang berisikan 30 butir telur,padahal biasanya telur ayam super di jual 45 ribu perkota.

Menurut salah seorang pedagang B.Manik(55), kepada wartawan mengatakan,kenaikan harga bahan pangan hari ini lebih tinggi di bandingkan saat lebaran lalu,kenaikan harga di sebabkan berkurangnya pasokan ke pasar, mengakibatkan omzet jual beli para pedagang menurun,ini di karenakan konsumen para pembeli mengurangi jumlah pembelinya,kata B.manik.

Dirinya mengwakili para pedagang,agar pemerintah kota Tebing Tinggi untuk turun kelapangan meninjau kenaikan harga bahan pangan, sekaligus pemerintah bisa mengatasi permasalahan kenaikan agar harga bisa normal kembali.harapnya.(Naz)

Keterangan Foto : Harga bahan pangan di pasar teradisional pasar gambir kota tebing tinggi melambung.

Komentar

Berita Terkini