Akibat Belum Dibayar Gaji, Sejumlah Pekerja Lakukan Aksi Mogok Kerja

harianfikiransumut.com | Simalungun - 
PTPN IV memiliki beberapa unit usaha yang terbagi ke dalam tiga distrik. Saat ini PTPN IV  Balimbingan sedang gencar melakukan program peremajaan kebun kelapa sawit. 

Beberapa areal lahan terlihat sudah ditanami kelapa sawit dan ada pula yang masih dalam tahapan replanting, salah satunya perkebunan Balimbingan.

Unit Usaha yang tergabung dalam Distrik I di PTPN IV ini berada di wilayah Kabupaten Simalungun.

Tampaknya, program peremajaan kebun kelapa sawit itu tidak dijalankan dengan baik oleh pihak perkebunan Balimbingan.

Pasalnya, di afdeling 3 kebun Balimbingan banyak terlihat tanaman sawit belum menghasilkan (TBM) yang tidak di rawat dengan baik. Para pekerja juga tidak terlihat di lokasi tersebut.( Selasa 28/06/2022 )
 
Seorang pekerja buruh luar(BL) berinisial RH (48) mengaku dirinya mogok kerja dengan alasan belum menerima gaji.

“Kami sudah beberapa hari ini tidak bekerja, karena gaji kami para BL belum di bayar. Biasanya seminggu sekali di bayar, ini sudah hampir sebulan. Kami pun gak tau kemana harus mengadu, karena yang merekrut kami pihak karyawan dari afdling 3 dengan kesepakatan gaji 40 ribu per hari” sebut RH, Kamis (23/6/2022).

Dikatakannya, hal tersebut pernah ditanyakan kepada pihak perkebunan, tetapi belum mendapatkan jawaban yang pasti.

“Selama bekerja disini, kami juga tidak tau siapa vendornya, jadi kami tanyakan ke mereka (Pihak kebun), mereka beralasan belum di bayar oleh pihak vendor” katanya

Terpisah, dikonfirmasi melalui pesan media whatsapp, humas SDM PTPN IV unit Balimbingan, Hendra mengatakan akan segera menyampaikan langsung ke manager unit Balimbingan.

“Terimakasih informasinya, saya akan sampaikan langsung kepada Manager Perkebunan” ujarnya.

Hingga berita ini tiba di meja redaksi, Manager Perkebunan unit Balimbingan, belum dapat dimintai keterangannya terkait keluhan yang dihadapi oleh para pekerja buruh luar itu.(RS).
Komentar

Berita Terkini