Sampah Menumpuk, Warga Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Perbuatan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan masih terjadi dan  menjadi penyakit masyarakat. Itu terbukti, banyaknya sampah yang menumpuk di luar tempat-tempat/bak dampak yang telah disediakan oleh pemerintah kabupaten Aceh Tamiang.

Padahal, dilokasi itu sudah ada tempat sampah yang disediakan untuk membuang sampah. Sayangnya, perbuatan tak terpuji itu masih saja dilakukan oleh oknum masyarakat yang membuang sampah dilokasi itu.

Akibat membuang samph sembarangan, lokasi disekitar itu terlihat kumuh dan tidak sehat sehingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap.  

Perbuatan oknum masyarakat yang masih bandel membuang sampah sembarangan itu pun mendapat kecaman warga.

Saat dilokasi tempat pembuangan sampah, tepatnya di belakang pasar pagi Kualasimpang atau lebih dikenal dengan lokasi bekas bangunan SD Negeri 3 Kualasimpang, Jum'at 6 Mei 2022, terlihat seorang petugas kebersihan sedang memasukkan sampah yang berserakan di luar tong/bak sampah ke dalam tempatnya.

Ketika dihampiri, Tugino salah satu petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan, “Ini mungkin ulah oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Tanpa membuang sampahnya kedalam tempat yang telah disediakan.

Padahal sudah disediakan tempatnya, tapi masih saja membuang sampah sembarangan, kata Tukino sambil membersihkan sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang, Surya Luthfi. S.STp ketika di hubungi harianrikiransumut.com melalui telepon selulernya, membenarkan bahwa banyaknya sampah yang menumpuk dilokasi bekas bangunan SD Negeri 3 Kualasimpang.

Menurutnya, untuk mengatasi sampah, pihaknya telah menugaskan tiga orang tenaga kebersihan untuk setiap harinya, dua orang bertugas untuk membersihkan sampah dan satu orang lagi ditugaskan untuk mengangkut sampah menggunakan mobil dinas persampahan.

Beliau juga sudah berulang kali mengingatkan agar warga tidak membuang sampah sembarangan “Tapi masih ada juga yang membandel,” ujarnya.

Surya Luthfi juga mengimbau masyarakat agar sadar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Jika membuang sampah, maka buanglah kedalam tempat yang telah disediakan.

Akibat membuang sampah sembarangan dampaknya sangat mengganggu kenyamanan masyarakat, terlebih bagi kesehatan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar, harapnya sembari mengajak mari budayakan hidup sehat.

Komentar

Berita Terkini