Reza Lubis,SH. Desa Harus Maju, Kepala Desa Harus Visioner

harianfikiransumut.com : Langkat - Belum terlihat wacana memajukan desanya secara konkrit dari masing-masing bakal calon Kepala Desa.  Seperti bagaimana meningkatkan perekonomian desa dengan titik tumpu pada keunggulan yang ada di desa. 

Contohnya peningkatan produksi pertanian dengan pengolahan lahan yang tepat guna. Pengadaan bibit unggul serta pemasarannya dengan memanfaatkan BUMDes yang setiap tahunnya mendapat kucuran dana desa dan bukan tidak mungkin hasil pertanian tersebut bisa dikelola menjadi produk turunannya. 

Memajukan UMKM dengan berbagai produk yang bisa menjadi unggulan desa. 

Peningkatan kapasitas sdm dengan pendidikan bagi anak anak desa jika memungkinkan berikan suntikan beasiswa desa ataupun pelatihan-pelatihan tepat guna pada warga sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan desa.

Juga potensi desa lainnya yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat seperti pariwisata yang juga bisa melibatkan BUMDes setempat serta lainnya. 

Yang bertebaran hanya pansos (panjat sosial/social climber) mencitrakan diri sebagai orang yang ideal sebagai pemimpin yang dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

Selain itu tak jarang kita temui wacana yang tanpa malu malu mengadopsi program pemerintah yang telah ada dan telah berjalan, milik pemerintah pusat dan itu tidak menyentuh kebutuhan kemajuan desa yang diharapkan karena telah lama dilaksanakan. Seperti pembuatan KTP, KK dan akte lahir serta administrasi, kependudukan lainnya yang memang gratis. 

Ayolah.. gali potensi dirimu, jual potensi diri dengan berbagai program besutanmu yang orisinil hindari prilaku pansos yang kadang (harus jujur) memuakkan terutama bagi nitizen yang ada di desamu. 

Menangkan hati calon pemilihmu di desa dengan elegan dan yakinkan bahwa dirimu cukup tangguh untuk mampu membangun, meningkatkan perekonomian dan lainnya, karena dirimu seorang visioner dan sosok manejer yang layak menjadi Kepala Desa dan akan membawa kemajuan Desa kita. (red)


Komentar

Berita Terkini