PDAM Tirta Tamiang Lakukan Pengerukan Kanal Intake


harianrikiransumut.com
| Aceh Tamiang - Pendangkalan kanal intake kerap terjadi pasca meluapnya air sungai tamiang, sehingga mengakibatkan terganggunya pendistribusian air bersih pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang,

Tak sedikit para pelanggan (konsumen) mengeluh dikarenakan air bersih tidak sampai ke rumah mereka disebabkan terganggunya pendistribusian pada perusahaan air minum, ditambah lagi belum kondisi kanal intake yang belum dibangun secara permanen.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kedangkalan Kanal Intake, pihak perusahaan daerah air minum tirta tamiang terus melakukan upaya-upaya dengan melakukan pengerukan Kanal Intake darurat menggunakan alat berat berupa excavator(Beko).

Dikonfirmasi Tabloidbnn.id, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang, Ismail, Sabtu (13/5/2022) mengatakan, tidak stabilnya pendistribusian dan  pengelolaan air disebabkan kondisi alam berupa meluapnya air sungai dan itu seringkali terjadi, kata Ismail disela-sela mengawasi kegiatan pengerukan kanal intake tepatnya di Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Untuk mengatasi kedangkalan itu, kita harus melakukan pengerukan dan penggalian kanal baru agar bisa  mempercepat proses pendistribusian air dari sungai ke waduh sehingga dapat dilakukan pengelolaan air PDAM Tirta Tamiang.

Alhamdullilah air sudah bisa masuk ke Bak Pengelolaa air," jelas Ismail seraya menambahkan  salah satu penyebab terganggunya pendistribusian air ke masyarakat diakibatkan pendangkalan pada kanal intake.

"8nsya Allah, malam ini kita pastikan PDAM Tirta Tamiang sudah dapat mendistribusikan air kepelangan, walaupun belum maksimal," tegas Ismail.

“Diharapkan, masyarakat untuk tetap bersabar, kemungkinan pasokan air bersih ke setiap rumah pelanggan akan terganggu, karena masih dilakukan proses pengerukan dan normalisasi kanal,  ungkapnya mengakhiri.(Abdul Karim)

Komentar

Berita Terkini