Konferensi Pers Polres Langkat Terkait Penemuan Potongan Tulang Manusia Korban Pembunuhan.

harianfikiransumut.com : Langkat - Polres Langkat laksanakan Konferensi Pers terkait Penemuan potongan tulang diduga tulang manusia korban pembunuhan bertempat di Lapangan Bharadaksa Polres Langkat, Senin (23/5/22).

Konferensi Pers dipimpin langsung oleh Bapak  Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,SH,SIK  yang didampingi, Wakapolres Kompol Hendri Nupia Dinka Barus,SH,SIK , Kasat Reskrim IPTU LUIS BELTRAN KRISNADHITA MARISSING, STK, SIK, MH, Kasi Propam AKP ABED NEBO, Spd, Kasi Humas IPTU JOKO SUMPENO, Kanit Pidum IPDA HERMAN SINAGA, SH dan Penyidik Pembantu Unit Pidum Polres Langkat. 

Lebih lanjut Kapolres Langkat mengatakan, Berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP /A /45 /V /2022 /SPKT /LKT /Polsek Padang Tualang / Polres Langkat / Polda Sumut, Tanggal 20 Mei 2022.

Tindak Pidana "Pembunuhan Berencana dan atau Pencurian dengan kekerasan dan atau Pembunuhan dan turut melakukan“, yang terjadi pada hari Pada hari kamis tanggal 19 Mei 2022 sekira pukul 18.30 Wib di Dsn. Parit Rimo Ds. Jati Sari Kec. Padang Tualang Kab. Langkat.

Ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 340 Subs Pasal 365 lebih subs Pasal 338 Jo Pasal 55 KUHPidana, hukum penjara selama lamanya seumur hidup atau hukum mati.
Ketiga tersangka di antranya Marwan Syahputra (26) Tahun,warga Dusun Parit Rimo Desa Jati Sari kec. Pd.Tualang, Ariyanti (26 thn), warga Dusun Parit Rimo Desa Jati Sari Kec.Pd.Tualang, Wagiman (61 thn), warga Blangkejeren Kab.Gayo Lues Propinsi Aceh saat ini sebagai (DPO).

Kronologis kejadian, pada hari Kamis tgl. 29 Mei 2022 sekira pukul 18.30 wib, Kapolsek Padang tualang mendapat informasi dari masyarakat bhw ada seorang laki laki bernama Marwan Syahputra yang telah  diamankan masyarakat yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap seorang laki laki(supir Trevel) yang tidak diketahui identitasnya. 

Kedua tersangka pasutri lalu diamankan dan di bawa ke Polsek Padang Tualang untuk dilakukan introgasi. dari hasil interogasi laki laki tersebut benar telah melakukan pembunuhan terhadap seorang Supir Trevel yang tidak diketahui identitasnya.

Dari keterangan tersangka Marwan Syahputra mengakuan laki laki tersebut bahwa pembunuhan tersebut di lakukan sekitar bulan Nopember tahun 2018, yang mana perbuatan tersebut telah direncanakan sebelumnya, engan maksud membunuh supir travel dan membawa kabur mobil travel. 

Dan keluarga pelaku sepakat apabila berhasil akan pindah dan tinggal Mojokerto Jawa tengah namun. kemudian para pelaku beserta keluarganya berangkat menuju rumah Abang ipar TSK yang terletak di Jln.Makmur GG Dahlian No.14 Tembung Kec.Percut Sei tuan, yang sebelumnya telah memesan mobil Travel jurusan Medan Blangkejeren. 

Setelah para pelaku dan keluarga dijemput oleh mobil travel yg dikemudikan oleh korban dirumah abg dari ARIYANTI bernama SUMINAN sekira pukul 19.40 Wib para pelaku berangkat beserta keluarganya mengendarai mobil Trevel jenis Innova Reborn warna hitam (plat nopol tdk diketahui). 

Lalu sekira pkl 00.30 Wib saat mobil melintas di jalan umum kec.Tiga Binanga Kab.Tanah Karo, ibu pelaku bernama LEGINAH (almarhum) berpura pura mau muntah, sehingga supir Trevel menghentikan laju mobil. 

Kemudian Ariyanti dan Leginah turun dari mobil, lalu oleh Marwan Syahputra menjeratkan seutas tali nilon ke leher korban dari belakang sehingga korban meronta.

Selanjutnya Wagimin menusukkan sebilah pisau kearah tubuh korban sebanyak 4 (empat) tusukan sehingga korban meninggal dunia.

Setelah memastikan korban sudah meninggal dunia, lalu korban dibalut dengan plastik terpal dan diletakkan di bagian belakang mobil. Lalu Wagimin mengambil alih kemudi dan langsung melaju ke rumah pelaku di Dusun Parit Rimo Desa Jati Sari Kec.Pd.Tualang.

Sekira pkl 03.30 Wib, para pelaku tiba dirumah pelaku, Lalu para pelaku mengangkat mayat korban ke samping rumah pelaku.

Kemundian Marwan Syahputra menggali lobang sedalam 50 cm. Setelah lobang selesai digali, lalu Marwan Syahputra menyusun potongan kayu rambung di dalam lubang dan disiram dengan minyak solar sekaligus membakarnya. 

Kemudian Wagimin dan Marwan Syahputra mengangkat mayat korban dan membuangnya ke kobaran api, dan diatas mayat ditimpahkan lagi dengan sampah-sampah tanaman sekitar lokasi. 

Selanjutnya sekitar pkl 05.30 Wib setelah dipastikan mayat korban sudah hangus terbakar dan api mulai padam, para pelaku menutup bekas bakaran mayat tersebut dengan tanah dan sampah-sampah tumbuhan.

Dari hasil lidik ada hari jumat tanggal 20 Mei 2022 kanit pidum Ipda Herman F Sinaga, S. Sos beserta anggota pidum melaksanakan lidik ke pasar VII tembung jalan makmur gg dahlia 14 ke rumah SAMINAN dan membenarkan bahwasannya MARWAN SYAHPUTRA Alias PUTRA dan keluarganya ada datang sekitar 3 tahun lalu naik becak pada hari tersebut mereka memesan travel dan berangkat dari rumah tersebut pada malam hari. ( Sesuai dengan keterangan tersangka Marwan syahputra alias putra ).

Dengan adanya laporan kehilangan orang atas nama Bakrie warga Kutacane, yang sudah menghilang selama 3 tahun lalu sebagai pekerjaan supir travel raja ratu taxi yang berdasarkan keterangan keluarganya atas Nama istri dan Bukhari Muslim anak korban, bahwasannya orang tuanya hilang sekitar 3 tahun lalu setelah menjemput penumpang satu keluarga di tembung dan hilang kontak dengan orang tuanya setelah berhubungan di kabanjahe pada saat singgah makan dan mobil yang dipakai kijang inova warna hitam dengan nopol BK 1684 PI.

Berdasarkan keterangan pemilik mobil kijang inova Nopol BK 1684 PI an. IRFI IBRAHIM MUSA alamat kuta cane depan kantor bupati kuta cane. Bahwasannya mobil kijang inova miliknya hilang sekitar 3 tahun lalu bersama dengan hilangnya supir an. Bakrie dan mobil tersebut masih kredit di leasing BFI.

Dari hasil keterangan leasing Buana Finance, benar mobil tersebut merupakan barang tanggungan di Buana Finance dengan jenis kijang inova diesel tahun 2012 warna hitam dan benar diambil di daerah jawa dan saat ini sdh di lelang dengan nama kontrak sulaiman selian STNK an. Irfi ibrahim musa.

Giat Konferensi Pers Penemuan potongan tulang diduga tulang manusia korban pembunuhan tersebut mengundang pihak dari Media Cetak dan Elektronik.(red)
Komentar

Berita Terkini