Bupati Aceh Tamiang Pimpin Pelepasan Pawai Obor Malam Takbiran IdulFitri 1443 H.

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Pelepasan Pawai obor pada malam takbiran idul Fitri 1443 langsung di pimpin oleh orang nomor 1 Kabupaten Aceh Tamiang yakni, Bupati Aceh Tamiang H.Musrsil.SH. M.Kn bertempat di depan Masjid Al Jauhariah, Kampung Johar, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Pelepasan Pawai Obor tersebut, Bupati Mursil turut didampingi Ustadz Fajar, Datok Penghulu Kampung Johar, Abdul Mulkk serta perangkat Kampung setempat, sekira pukul 20.00 Wib, Minggu, 1 Mei 2022.

Silahkan di Klik Video dibawah ini : 

Pawai obor tersebut dilaksanakan dengan cara berjalan kaki, masing-masing peserta memegang obor yang terbuat dari batang pohon bambu yang telah di potong sesuai ukurannya disertai minyak dan sumbunya.

Pawai Obor ini dilaksanakan bertujuan untuk menyemarakan Syiar Agama melalui Takbiran idul Fitri 1443 H tahun 2022 dan menciptakan rasa kebersamaan setelah selama sebulan telah menjalankan ibadah puasa.

Sebelumnya, pawai obor ini telah ada dilaksanakan oleh para orangtua yang terdahulu dan ini merupakan tradisi turun temurun hingga ke generasi saat ini masih terus dilakukan.

Perjalanan pawai obor dimulai dari depan Masjid Al Jauhariah Simpang Tiga Kampung Johar menuju Kampung Tanah Terban, tepatnya di Dusun Gelugur melalui jalur lintas jalan Nasional Medan-B. Aceh dan Kembali ke tempat dimulainya pelepasan pawai obor.

Aksi Pawai Obor itu, diikuti oleh ratusan masyarakat Kampung Johar, mulai dari orangtua, remaja dan anak-anak, masing-masing memegang obor yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Selain membawa obor, sebagian masyarakat juga turut membawa Beduk Takbir, Rebana dan pengeras suara sambil melantunkan takbir, Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar, Laailaahaillallahuallahuakbar.(Abdul Karim)

Komentar

Berita Terkini