Wabup Deli Serdang, Ke Rumah Duka Pemain Legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Alm Ponirin Meka

harianfikiransumut.com | Tanjung Morawa- Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melayat ke rumah duka pemain legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Alm Ponirin Meka di Dusun I, Desa Lengau Seprang, Kecamatan Tanjung Morawa, Senin (11/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut hadir Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi, mantan Ketua PSSI Djohar Arifin Husin serta eks pemain PSMS Medan.

Gubsu, H Edy Rahmayadi menceritakan kisah singkat alm Ponirin Meka mulai memperkuat PSMS di era perserikatan hingga akhirnya terpilih menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia.

"Saya menyampaikan, beliau ini mantan senior di perserikatan. Tahun 1975, sudah aktif di bola. Tahun 1980, saya meninggalkan tempat, beliau lanjut main perserikatan. PSMS," terang Gubsu.

Lantas di tahun 1984-1985, alm Ponirin Meka berhasil mengharumkan nama PSMS, yang pada akhirnya masuk menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia. 

"Beliau akhirnya berangkat jadi pemain nasional. Beliau sudah benar, seperti yang sudah disampaikan, benar sudah banyak berbuat untuk Sumatera Utara dan Indonesia. Kami mengucapkan teriuma kasih, semoga anak-anaknya bisa mengikuti jejak orangtuanya," imbuh Gubsu, yang juga mantan Ketua PSSI ini.

Anggota DPR RI, Djohar Arifin Husin juga melayat ke rumah duka. Terlebih, Djohar Arifin dan Ponirin Meka adalah sama-sama eks pemain PSMS. 

Mantan Ketua PSSI itu bercerita, jika alm Ponirin Meka berstatus pegawai negeri di Bea Cukai.

"Iya (dapat status pegawai) dari pemain bola. Dulu, Bea Cukai itu kan ada klub sepakbolanya. Bos Bea Cukai dulu, alm Pak Khaidir, mengumpulkan pemain bagus-bagus dibawa ke Jakarta. Ada klub Bea Cukai, banyak pemain-pemain nasional, yang sampai pensiun mereka jadi pegawai. Jadi selamatlah hidup mereka yang ikut klub bea cukai," jelasnya.

Djohar Arifin yang juga eks Ketua PSSI ini, menuturkan Ponirin Meka merupakan pribadi yang berperilaku baik.

Di kesempatan itu, Wabup Deli Serdang, turut didampingi Kadis Budporapar Khoirum Rijal ST MAP, Kadis Kominfostan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Camat Tanjung Morawa Marianto Irawadi S Sos serta unsur Muspika Tanjung Morawa.(Rom)

Komentar

Berita Terkini